Peringatan Nuzulul Quran, PCNU Surabaya Launching HBNO TV | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringatan Nuzulul Quran, PCNU Surabaya Launching HBNO TV

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Rabu, 05 Mei 2021 19:47 WIB

PCNU Kota Surabaya memperingati Nuzulul Quran sekaligus launching HBNO TV di aula Kantor PCNU Surabaya. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Malam 23 Ramadan 1442 H, menggelar peringatan Nuzulul Quran dirangkai dengan launching HBNO TV Channel milik , Selasa (4/5/2021) malam.

Kegiatan yang dibuka dengan pembacaan selawat nabi itu dihadiri Rais Syuriah K.H. Mas Sulaiman Nur, Ketua Tanfidziyah Dr. K.H. Ahmad Muhibbin Zuhri, M.Ag., Wakil Syuriah PWNU Jatim K.H. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali), Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo, dan jajaran pengurus PCNU dan MWC hingga ranting NU se-Kota Surabaya.

Ketua Dr. K.H. Ahmad Muhibbin Zuhri, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid karena masih pandemi Covid-19, sehingga dibatasi yang hadir langsung. Namun seluruh ranting NU se-Kota Surabaya bisa mengikuti melalui daring di HBNU Channel.

“Kita berharap melalui kegiatan Nuzulul Quran ini bisa mendapatkan keberkahan Alquran dan Ramadan khususnya agar bisa terhindar dari siksa api neraka,” katanya.

Diakui Muhibbin, kegiatan tahunan ini biasanya dilaksanakan di Taman Bungkul Surabaya. Namun sejak tahun lalu, hanya dilaksanakan di kantor PCNU lantaran ada pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan harus dipatuhi.

Kepengurusan baru masa khidmah 2021-2026, lanjut Dosen UIN Sunan Ampel ini, memiliki tantangan yang tak ringan. Di samping harus menghadapi pandemi juga harus bisa menangkal tumbuh kembangnya paham Islam yang radikal.

"Kita harus bisa menerima dengan ikhlas dan sabar. Namun tak diam diri sesuai kemampuan masing-masing harus bisa inovatif dan kreatif agar dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin yang menjadi misi NU bisa terus berjalan,” harap Muhibbin.

Salah satu upaya yang dilakukan PC adalah dengan membuat HBNO Channel sebagai sarana media dakwah NU melalui platform medsos seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan Facebook.

“HBNO Channel sudah dimulai sejak awal Ramadan 1442 H dengan membuat pengajian setiap sore menghadirkan narasumber dari kalangan NU yang memiliki kompetensi terkait berbagai persoalan masyarakat dengan pendekatan agama Islam ala pemikiran ulama-ulama NU yang mengedepankan prinsip moderat (tawasut), tawazun, dan i’tidal," jelasnya.

"Jadi launching HBNO Channel ini hanya untuk lebih menyosialisasikan ke masyarakat agar memiliki pilihan yang lebih banyak terkait konten keislaman yang Rahmatan Lil Alamin yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Nuzulul Quran. Ayo ajak warga Kota Surabaya untuk subscribe HBNO Channel YouTube agar bisa eksis untuk dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolrestabes Kota Surabaya AKBP Hartoyo mengaku berterima kasih dan mengajak warga NU supaya bisa memaknai Nuzulul Quran di masa pandemi dengan mengutip pernyataan Kemenag yakni mendahulukan yang wajib yaitu bagaimana bisa selamat bagi diri sendiri dan orang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video