Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Bupati Sumenep: Tingkatkan Kepekaan dan Kewaspadaan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Rabu, 05 Mei 2021 20:50 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, M.H., menggelar apel pasukan di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep, Rabu (5/5/2021). (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Guna mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif dan aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah di tengah masa pandemi Covid-19 serta larangan mudik, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, M.H., menggelar apel pasukan di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep, Rabu (5/5/2021).

Pada acara tersebut, dia membacakan amanat Kapolri dengan sejumlah arahan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021, di antaranya meminta para petugas untuk siapkan mental dan menjaga kesehatan.

Dia juga mengajak lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi dini untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Selain itu, dia mengajak untuk tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan untuk antisipasi kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

"Kita harus melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas, namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,” paparnya.

Diharapkan, hendaknya para petugas di lapangan harus selalu bersinergi demi keberhasilan pelaksanaan operasi, dan tetaplah menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Forkopimda Kabupaten Sumenep, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur diwakili Imamullah, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB). (aln/zar)