1 Ekor Musang yang Sering Berkeliaran di Perum Pondok Candra Sidoarjo Tertangkap, 3 Masih Buron

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Kamis, 06 Mei 2021 00:03 WIB

Petugas KBS berhasil menangkap musang di Perumahan Pondok Candra Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Seekor musang yang sering berkeliaran di kawasan Perumahan Pondok Candra Sidoarjo berhasil ‘dibekuk’ Tim Evakuasi PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya, Rabu (5/5/2021) siang.

Agustin, salah satu warga mengatakan, sejatinya tidak hanya satu ekor musang yang berkeliaran. Dirinya bersama warga lain, sering melihat tiga ekor musang lainnya dalam satu kelompok. “Tanaman buah milik warga seringkali dimakan. Bahkan buah yang ditaruh di atas meja makan juga hilang,” ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, warga setempat yang juga merupakan Anggota DPR RI Komisi XI, Indah Kurnia, melaporkan peristiwa itu kepada petugas PD Taman Satwa KBS . Lima anggota tim evakuasi kemudian datang ke lokasi empat hari lalu. Mereka datang dengan membawa perangkap dan buah-buahan yang dipasang sebagai umpan.

“Bukan perkara mudah untuk menangkap satwa liar jenis musang. Kami melakukan pengamatan terlebih dahulu. Salah satu tabiat musang cenderung melintasi jalur yang sama. Setelah memastikan jalur lintasan musang, barulah kami pasang perangkap,” kata Subandrio, salah satu tim.

Ia menjelaskan, metode jebakan itu baru berhasil setelah dipasang perangkap sejak 4 hari lalu. “Tadi, kita berhasil menangkap seekor musang. Tim kami juga memasang lagi perangkap yang lebih besar. Hal ini didasari penglihatan secara visual. Ada di antara musang tersebut yang mempunyai postur lebih besar dari lainnya,” lanjut Subandrio.

Ia meneruskan, satu ekor musang yang berhasil ditangkap tersebut adalah musang betina. Selanjutnya, musang tangkapan tersebut di bawa ke KBS.

Sementara itu, Indah Kurnia mengapresiasi respons cepat dari Tim PD Taman Sawa KBS tersebut. “Terima kasih. Setidaknya satu sudah tertangkap, semoga yang lainnya segera masuk perangkap, sehingga warga tidak lagi resah. Kami harap, musang-musang tersebut dirawat di KBS atau dilepas liarkan ke habitatnya,“ harap politikus PDIP ini. (cat/rev)