DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
Kamis, 06 Mei 2021 11:25 WIB

Bupati Gus Yani bersama pimpinan DPRD Gresik ketika menandatangani Ranwal RPJMD 2021-2026. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com akhirnya menerima rancangan awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Sikap parlemen ini disampaikan saat rapat paripurna dengan agenda penandatangan nota kesepakatan  antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan DPRD tentang Ranwal RPJMD Kabupaten Gresik tahun 2021-2026, di ruang paripurna DPRD setempat, Rabu (5/5/2021) sore.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua Much Abdul Qodir, didampingi tiga wakil Ketua Nur Saidah, Ahmad Nurhamim, dan Mujid Riduan, serta dihadiri secara langsung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani).

Abdul Qodir menyampaikan, Ranwal RPJMD merupakan penyempurnaan dari rancangan teknokratis RPJMD berisi kompilasi dan analisis secara ilmiah terhadap kondisi dan potensi daerah serta isu-isu strategis yang dihadapi 5 tahun ke depan.

"Di dalamnya, menyajikan dan menganalisis data, fakta, dan isu strategis untuk dijadikan pijakan penyusunan RPJMD lima tahun ke depan," ucapnya.

Menurut Abdul Qodir, sejak penyusunan rancangan teknokratis RPJMD, tahapan proses dalam perencanaan pembangunan daerah menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah. "Hal ini untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan sesuai janji-janji politik calon kepala daerah terpilih saat kampanye," paparnya.

Ditegaskan Abdul Qodir, karena RPJMD tahun 2021-2026 disusun pada era pandemi Covid-19, maka tantangannya adalah dalam membuat skenario-skenario pembangunan yang dapat secara bertahap membangkitkan perekonomian Kabupaten Gresik.

"Gambaran visioner atas kondisi di akhir periode RPJMD atau di tahun 2026 nanti menjadi salah satu pemacu agar upaya yang akan dilakukan oleh segenap komponen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gresik dapat terarah dan sejalan dengan pencapaian visi tersebut," urai Ketua DPC PKB Gresik ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video