​Ekonomi Triwulan Pertama 2021 Minus, Covid Varian Baru juga Mencemaskan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Ekonomi Triwulan Pertama 2021 Minus, Covid Varian Baru juga Mencemaskan

Editor: MMA
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB

Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.

Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com hari ini, Jumat 7 Mei 2021. Selamat membaca:

SEBENARNYA ada satu ekonom yang meramalkan di triwulan pertama 2021 ekonomi kita akan tumbuh positif. Yakni Dr Cyrillus Harinowo. Ia pernah di IMF, salah satu calon Gubernur Bank Indonesia, lalu 15 tahun di Unilever, dan kini komisaris Bank BCA.

Nyatanya mayoritas ekonomlah yang benar: pertumbuhan kita minus hampir 1 persen (-0,74 YoY). Berarti sudah empat triwulan Indonesia selalu minus.

Cyrillus punya alasan mengapa meramal positif. Ia lihat, data ekspor kita menguat luar biasa di bulan Maret 2021. Mencapai USD 18,9 miliar.

"Untuk kali pertama dalam 2 tahun terakhir mencapai USD 18 miliar lebih," katanya.

Cyrillus pun curiga jangan-jangan BPS –yang mengeluarkan angka statistik resmi negara– punya kecenderungan mengambil aman. Yakni aman dari kritik. "Kalau BPS mengumumkan angka positif pasti diserang habis oleh para analis. Maka cari aman," katanya pada Disway kemarin.

Kecurigaan itu mungkin saja berlebihan. Bisa saja ekspor Maret memang luar biasa, tapi tersedot angka negatif yang dalam di bulan Januari. Sehingga rata-rata 3 bulan pertama belum bisa positif.

Bagaimana triwulan dua, tiga, dan empat tahun ini?

Kali ini hampir semua ekonom sepakat: akan positif. Tinggal positif di angka berapa. Bahkan ekonom seperti Anthony Budiawan menyebut "positif tapi ekonomi melemah". Itu didasarkan pada kenyataan angka PDB Konstan kita terus melemah. Terutama kalau dilihat dari perkembangan triwulan 3 ke triwulan 4 tahun 2020. Sedikit naik dari triwulan 4 ke triwulan 1 tahun 2021.

Berarti untuk bisa positif masih memerlukan perjuangan dan doa. Ada dua syarat yang masih harus dipenuhi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video