Tiga Kades Hasil PAW di Pasuruan Tinggal Tunggu Pelantikan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Jumat, 07 Mei 2021 15:59 WIB

Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tiga desa di Kabupaten Pasuruan yakni Desa Tunggulwulung Kecamatan Pandaan, Desa Bendungan dan Desa Semare Kecamatan Kraton, segera memiliki kades lagi. Ini setelah rampungnya tahapan pengisian jabatan kepala desa melalui Pilkades Antar Waktu (PAW), lantaran kepala desa sebelumnya meninggal dunia. Sementara sisa masa jabatan masih lama.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda, membenarkan sudah ada sejumlah desa yang merampungkan tahapan PAW untuk mengisi kekosongan kepala desa. Tahapan PAW itu dimulai dari musyawarah desa, hingga ujian akademis.

"Ada tiga desa yang sudah melakukan tahapan PAW, tinggal menunggu pelantikan bupati saja," jelasnya

Lanjut Nurul Huda, saat ini juga ada tiga desa lainnya yang juga akan menggelar PAW, yakni Desa Gempol dan DesaTrewung Kecamatan Grati, serta Desa Gondangwetan yang saat ini tahapannya sudah mamasuki tahap ujian akademis.

"Untuk kegiatan pelayanan masyarakat saat ini sementara diisi Penjabat (Pj) Kepala Desa. Karena masa jabatannya masih lama, lebih dari satu tahun, maka pengisian definitif bisa dilakukan dengan PAW," beber Nurul. (bib/par/rev)