Perluas Layanan Pelanggan, Perumda Giri Tirta Gresik Percepat Serapan Air Umbulan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Minggu, 09 Mei 2021 13:52 WIB

Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Perusahaan Daerah (Perumda) Giri Tirta Gresik mempercepat sarapan jatah air dari sumber mata air Umbulan, Kabupaten Pasuruan untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Dari kerja sama dengan PT Air Bersih (AB) Pemprov Jatim, Perumda Giri Tirta Gresik mendapatkan jatah 1.000 liter per detik. Sampai tahun ini, Perumda Giri Tirta sudah mampu menyerap sebanyak 450 liter per detik.

"Alhamdulillah Perumda Giri Tirta bisa melebihi target penyerapan jatah air Umbulan. Dari target tahun 2021 sebesar 300 liter per detik, namun tahun ini kami sudah mampu menyerap 450 liter per detik," ucap Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta Gresik Siti Aminatus Zariyah kepada BANGSAONLINE.com.

Kata Riza, begitu sapaan akrabnya, peningkatan serapan air dari 300 ke 450 liter detik itu melalui sejumlah pertimbangan. Antara lain, bahwa infrastruktur yang ada mampu mendistribusikan air sebanyak itu ke pelanggan.

"Sudah berjalan satu bulan kami lakukan serapan air Umbulan 450 liter per detik," terang Riza.

Sebelumnya dengan serapan 300 liter per detik, air itu untuk melayani kebutuhan 30 ribu pelanggan di wilayah perkotaan. Dengan bertambahnya serapan air Umbulan menjadi 450 liter per detik, cakupan pelanggan yang terlayani makin luas.

"Alhamdulillah, akhir-akhir ini sudah jarang, bahkan hampir tak ada pengaduan," ungkapnya.

Riza melanjutkan, saat ini manajemen Perumda Giri Tirta juga terus melakukan perbaikan infrastruktur perpipaan di wilayah kota Gresik. Pipa yang rusak seperti keropos, bocor, secara bertahap diperbaiki.

Ia menargetkan serapan air Umbulan 1.000 liter per detik sudah bisa dilakukan pada tahun 2026, setelah semua jaringan perpipaan diperbaiki. "Dengan begitu diharapkan cakupan pelanggan makin luas," katanya.

Pada kesempatan ini, Riza juga mengungkapkan bahwa Perumda Giri Tirta akan melebarkan sayap usahanya dengan melakukan bisnis penjualan air kemasan dan air tangkian isi ulang dengan harga bersaing.

"Tentunya, kualitas air yang kami jual tak kalah dengan air kemasan yang dijual sejumlah perusahaan selama ini, termasuk air isi ulang tangkian," katanya.

Selain itu, Perumda Giri Tirta juga akan bergerak dalam core business pengelolaan limbah. "Semua itu demi kemajuan perusahaan dan Kabupaten Gresik," pungkas Riza. (hud/zar)