Pastikan Operasi Ketupat 2021 Lancar, Irwasum Polri Tinjau Pos Pam Terminal Bungurasih

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Minggu, 09 Mei 2021 17:07 WIB

Komjen Agung Budi Maryoto didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, mendapatkan penjelasan dari Kapospam Terminal Bungurasih mengenai situasi terkini arus mudik.

SIDOARJO, BANGSAONLINE. com - Inspektur Pengawasan Umum Polri (Irwasum Polri) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Agung Budi Maryoto mengecek berbagai langkah mengamankan Mudik Lebaran Idul Fitri 2021 di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2021 Terminal Bungurasih, Waru, Sidoarjo dan sejumlah tempat lain di Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).

Tiba di Terminal Bungurasih, Komjen Agung Budi Maryoto didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, mendapatkan penjelasan dari Kapospam Terminal Bungurasih mengenai situasi terkini arus mudik. Termasuk bagaimana penanganan terhadap penumpang bus yang datang. Hingga bila ada yang reaktif Covid-19.

Paparan pengamanan mudik Lebaran Idul Fitri 2021 di pos pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2021 Terminal Bungurasih, juga disertai dengan simulasi penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan rapid test antigen bagi penumpang bus yang datang.

Menurut Komjen Agung, dalam kesempatan supervisi Operasi Ketupat 2021 di Jawa Timur kali ini, sengaja diperlihatkan simulasi SOP protokol kesehatan yang harus diterapkan di pos pengamanan. Serta teknis pengamanan yang dilakukan oleh Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan unsur terkait lainnya.

“Semua pelaksanaan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di pos pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2021 di Terminal Bungurasih sudah benar. Diharapkan upaya ini dapat mendeteksi dini pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar jenderal polisi bintang tiga tersebut.

Terakhir ia mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah, dengan menaati aturan yang ada untuk tidak mudik agar tidak terjadi peningkatan angka penularan Covid-19. (cat/ian)