Jelang Lebaran, Smamda Sidoarjo Bagikan Ratusan Bingkisan ke Warga Sekitar Sekolah

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Minggu, 09 Mei 2021 18:06 WIB

SIMBOLIS: Smamda menyerahkan bingkisan Lebaran ke warga Sidowayah, Minggu (9/5/2021). foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo membagikan ratusan bingkisan Lebaran kepada warga Dusun Sidowayah, Kelurahan Celep, Kecamatan Kota Sidoarjo, Minggu (9/5/2021).

Sebanyak 238 bingkisan Lebaran dan zakat fitrah itu dibagikan ke warga RT 14, RT 15, RT 16 dan RT 17 RW 05 Dusun Sidowayah. "Ini rutin kami gelar setiap tahun saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri," cetus Kepala Smamda, Wigatiningsih.

Wigatiningsih menjelaskan, pihaknya menghimpun zakat fitrah dari siswa-siswi Smamda, yang selanjutnya didistribusikan ke banyak tempat. Ada panti asuhan, masjid-masjid dan sebagian besar disalurkan ke Dusun Sidowayah, di mana Smamda ada di wilayah itu.

Selain merupakan tetangga, kata Wigatiningsih, di lingkungan Sidowayah, sangat banyak warganya yang memenuhi syarat sebagai penerima zakat fitrah, yakni fakir dan miskin. Nah di lingkungan Sidowayah itu, pihaknya ingin mengamalkan Surah Al Ma'un.

"Jangan sampai Smamda sebagai sekolah Islam, melalaikan Surah Al Ma'un. Salah satu tanda-tanda orang yang mendustakan agama, yakni menghardik anak yatim dan melalaikan orang-orang miskin. Maka kita harus terus menerus berbagi ke sesama warga," beber Wigatiningsih.

Dijelaskannnya, selain zakat fitrah, juga dibagikan bingkisan Lebaran ke warga Sidowayah. Harapannya, pihaknya ingin warga juga merasakan kebahagiaan yang sama, usai.menjalankan ibadah Ramadan, lalu meraih kemenangan, dalam bentuk Hari Raya Idul Fitri.

"Maka bingkisan Lebaran ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi mereka untuk berbagi kesenangan bersama warga dan keluarganya," tandas Wigatiningsih.

Pembagian bingkisan Lebaran ini dilakukan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19 masih berlangsung, bingkisan Lebaran dan zakat fitrah didrop di masing-masing RT untuk selanjutnya dibagikan sendiri oleh pengurus RT.

Sementara itu, sejumlah warga Sidowayah yang menerima bingkisan Lebaran, menyatakan berterima kasih atas kepedulian dari Smamda. "Lumayan bisa meringankan memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran," cetus seorang ibu warga Sidowayah. (sta/ian)