PKH Mojokerto Salurkan Donasi Senilai Rp70 Juta Untuk Korban Gempa Bumi di Lumajang

Editor: Tim
Wartawan: Imron Ghozali
Minggu, 09 Mei 2021 19:34 WIB

Dua Korkab PKH Lumajang mewakili PKH Mojokerto menyerahkan bantuan senilai Rp70 juta kepada Bupati Lumajang untuk membantu warga terdampak gempa bumi.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - PKH Kabupaten Lumajang mewakili PKH Kabupaten Mojokerto menyerahkan bantuan donasi sebesar 70 juta rupiah kepada korban gempa bumi yang ada di Kabupaten Lumajang. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Thoriqul Haq berterima kasih kepada teman-teman PKH Mojokerto atas kepedulian membantu warga Kabupaten Lumajang yang menjadi korban gempa bumi bulan lalu.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman PKH Kabupaten Mojokerto atas kepeduliannya membantu kami dalam penanganan korban gempa bumi di Jawa Timur yang bantuannya disalurkan di Kabupaten Lumajang," katanya.

Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk saat ini mempriotitaskan pembangunan hunian sementara (huntara) bagi korban gempa bumi di dua kecamatan yang paling terdampak bencana.

"Prioritas kami membangun hunian sementara yang layak ditempati, karena ada sekitar 600 lebih rumah warga hancur, roboh total, dan kami harus membangunkan agar bisa meringakan beban masyarakat yang terdampak," ungkapnya.

Huntara itu akan dibangun menggunakan kerangka dari gavalum, atap dari seng, dan dinding dari triplek. Huntara tersebut, lanjut Cak Thoriq, sifatnya sementara sambil menanti bantuan dari pusat yang akan membangun rumah permanen dengan tipe 36. "Akan dibangunkan rumah sesuai dengan ketentuan PNPB," terangnya.

Bantuan yang telah masuk akan diprioritaskan untuk pembelian material dan ongkos tukang. Nantinya juga akan ada bantuan dari TNI, Polri, beserta relawan yang ingin membantu pembangunan huntara. "Material sudah tersedia, terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu meringankan beban masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Lumajang 1, Akbar Alamin menyebut, sebelumnya PKH Kabupaten Lumajang juga telah menyalurkan bantuan senilai Rp.11.500.000 kepada warga terdampak Gempa Bumi. Bantuan tersebut berupa paket sembako, terpal, perlengkapan kesehatan dan keperluan bayi.

"Bantuan tersebut telah kita salurkan di dua Kecamatan di Tempursari dan Pronojiwo," pungkasnya (ron)