Tidak Mudik Tetap Asik, Gus Ipul-Mas Adi Buka Acara Gantangan Bersama Kicau Mania

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Minggu, 09 Mei 2021 20:30 WIB

Lomba burung kicau yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau Mania Kota Pasuruan di Pasar Burung Karangketug, Kecamatan Gadingrejo.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) membuka perlombaan burung kicau bertajuk 'Ayo Gantang Bareng Gus Ipul-Mas Adi' yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau Mania Kota Pasuruan di Pasar Burung Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (8/5).

Kegiatan ini sebagai salah satu wujud implementasi program Pemkot Pasuruan bertajuk "Bahagia di Kota Pasuruan" yang bertujuan untuk mengurangi keinginan warga agar tidak melakukan mudik lebaran.

Pembukaan dilakukan Gus Ipul dan Mas Adi dengan menggantangkan sangkar burung secara simbolis. Turut hadir Anggota DPRD Kota Pasuruan Fraksi Golkar H. Toyib, Plt. Kapolsek Gadingrejo, Danramil Pasuruan, Camat Gadingrejo, Plt. Kepala Disperindag, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Pasuruan, dan sejumlah kepala OPD. 

Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan ucapan terima kasih atas tertibnya acara gantangan. Gus Ipul juga mengimbau agar komitmen mematuhi protokol kesehatan dilaksanakan hingga akhir, dan apabila melanggar harus siap ditertibkan bahkan dibubarkan oleh Satgas Covid-19.

"Kalau acara ini sukses, maka akan dilanjutkan dengan kegiatan gantangan-gantangan. Saya dengan Mas Adi pada kesempatan yang lain akan bikin lomba gantangan di Pendopo Kota Pasuruan," ujar Gus Ipul.

Selain untuk mencegah agar warga tidak mudik, acara ini diselenggarakan juga bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat lokal yang sempat macet karena pandemi Covid-19, mulai dari penjual pakan, pembuat sangkar, dan sebagainya.

Sebelum berakhir, Gus Ipul dan Mas Adi secara simbolis memberikan pemenang doorprize dari BPJS Ketenagakerjaan Kota Pasuruan berupa satu unit sepeda dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba gantangan. 

Untuk memastikan dipatuhinya protokol kesehatan, acara ini juga dipantau langsung oleh Satgas Covid-19 tingkat Kelurahan Gadingrejo. (ard/rev)