Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Supardi
Selasa, 11 Mei 2021 13:11 WIB

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat meluncurkan apilkasi Si Duta dan Kurma di Gedung Kesenian Kota Pasuruan, Senin (10/5/2021).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud dukungan digitalisasi UKM dan IKM di era disruptive technology atau era Revolusi Industri 4.0, Pemkot Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) merintis aplikasi bernama Si Duta (Sistem Informasi Data UMKM Kota Pasuruan) dan Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) yang merupakan rintisan dari Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan.

Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Gedung Kesenian Kota Pasuruan, Senin (10/5/2021). Si Duta dan Kurma diharapkan mampu menaikkan kelas UMKM dan menciptakan pengelolaan database UMKM.

Dijelaskan Gus Ipul, aplikasi ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan database UMKM sebagai wahana kontrol dan promosi, memberi kemudahan keberadaan UMKM binaan untuk mempromosikan produk, dan pemetaan produk UMKM unggulan Kota Pasuruan melalui media online, sehingga masyarakat dapat melihat produk dan barang baru produksi UMKM melalui katalog online kapan saja dan di mana saja.

Sebagai penggerak ekonomi dan penyerap tenaga kerja, Gus Ipul berharap 6.000 UMKM yang tersebar di Kota Pasuruan mampu bertahan dan terus mengembangkan metode pemasaran, khususnya di tengah era digital. Sehingga selain memanfaatkan media offline, UMKM juga bisa memanfaatkan secara maksimal media online untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet.

"Pilihannya tidak ada yang lain, kecuali memperkuat UMKM agar berjaya di dunia online. Saya dan Mas Adi berkomitmen untuk mendorong agar UMKM Kota Pasuruan agar sanggup berjaya di dunia online," ujar Gus Ipul.

Adapun untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Gus Ipul, perlu adanya kelengkapan dan update data UMKM di Kota Pasuruan yang tergabung dalam big data. Karena jika terdapat data yang lengkap, pemerintah mampu mengetahui metode dan cara apa harus membantu UMKM agar berjaya sesuai kebutuhannya masing-masing.

"Maka itu saya menyambut baik hadirnya Si Duta yang diluncurkan ini. Harapannya akan ada data UMKM dan adanya wahana promosi bagi UMKM," pungkas Gus Ipul.

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan Gus Ipul, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi), Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan Ani Adi Wibowo, Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Pasuruan Christinari Ratih Anom, Kepala Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan, para asisten, staf ahli, Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Pasuruan, kepala OPD terkait, dan tamu undangan lainnya. (par/zar)