Jelang Lebaran, ​DPMD Kabupaten Pasuruan Instruksikan Kepala Desa Segera Cairkan Insentif RT/RW

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
Selasa, 11 Mei 2021 15:49 WIB

Ilustrasi. (by ekoanug/pixabay)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan meminta kepada seluruh kepala desa segera mencairkan anggaran insentif semester I sebesar Rp150 ribu per bulan untuk RW dan Rp100 ribu per bulan untuk RT guna mengurangi beban kebutuhan ekonomi jelang lebaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Nurul Huda, S.Sos., mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada semua kepala desa yang sudah mengajukan pencairan dana insentif RT/RW pada semester I (Januari-Juni) untuk segera membagikan insentif tersebut. Diharapkan dengan pencairan lebih awal, maka kebutuhan ekonomi yang melonjak jelang lebaran bisa berkurang.

"Untuk anggaran yang diberikan Pemkab Pasuruan memang tidak besar, akan tetapi bisa mengurangi beban ekonomi para RT/RW saat lebaran nanti," jelasnya.

Dia mengungkapkan, dari total 341 desa se-Kabupaten Pasuruan, hampir semua sudah mengajukan pencairan insentif. "Tinggal satu atau dua desa saja yang masih dalam proses pengajuan pencairan ke Bagian Keuangan Pemkab Pasuruan," ujarnya.

Adapun total anggaran yang disiapkan Pemkab Pasuruan untuk insentif RT/RW se-Kabupaten Pasuruan dari APBD selama 1 tahun yakni sebesar Rp14.709.600.000. Perinciannya, untuk RW Rp4.831.200.000, sedangkan untuk RT sebesar Rp9.878.400.000. (bib/par/zar)