Hilal Tak Terlihat di Tuban, Keputusan 1 Syawal Tunggu Pemerintah Pusat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hilal Tak Terlihat di Tuban, Keputusan 1 Syawal Tunggu Pemerintah Pusat

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Selasa, 11 Mei 2021 20:05 WIB

Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban kembali melakukan rukyatulhilal untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriyah di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Selasa (11/5/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban kembali melakukan rukyatulhilal untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriyah di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Selasa (11/5/2021).

Ketua Tim BHR Kabupaten Tuban Mashari menjelaskan, pada pelaksanaan rukyatulhilal awal Syawal 1442 Hijriyah ini, tinggi hilal masih di bawah ufuk, antara minus tiga derajat sampai dengan minus empat derajat di bawah ufuk. Di samping itu, hilal terbenam lebih dahulu dibanding matahari.

"Artinya hilal sangat susah atau bisa kita katakan tidak mungkin untuk kita amati karena berada di kondisi istihalah ar-rukyah sehingga kemungkinan besar hari ini puasa kita akan istikmal (digenapkan)," katanya.

Dengan demikian, keputusan jatuhnya 1 Syawal harus menunggu sidang isbat dari pemerintah pusat yang berlangsung petang nanti. Meski demikian, bukan berarti rukyatulhilal sore ini menjadi tidak bermakna. Karena rukyat selain mempunyai dimensi ilmiah, juga mempunyai dimensi 'ubudiyyah.

"Kita melaksanakan rukyat saja sudah mendapat pahala karena bersifat ta'abbudi, terlepas dari apakah hilal berhasil dilihat atau tidak," imbuh pria asli Lamongan tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video