Terapkan Pelayanan Berbasis Elektronik, Pemkot Probolinggo Susun SOP SPBE | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terapkan Pelayanan Berbasis Elektronik, Pemkot Probolinggo Susun SOP SPBE

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajuddin
Rabu, 19 Mei 2021 18:06 WIB

Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Rabu (19/5/2021) pagi. (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Probolinggo bakal menerapkan semua pelayanan berbasis elektronik. Ini dilakukan sebagai bentuk inovasi layanan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Hal tersebut diungkapkan  drg. Ninik Ira Wibawati dalam acara Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik () Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Rabu (19/5/2021) pagi.

drg. Ninik Ira Wibawati mengatakan, pihaknya akan terus menggunakan perangkat TIK dalam penerapan .

"Penerapan akan mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antarinstansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik," ujar Sekda Ninik, Rabu (19/5/2021).

Sekda Ninik menerangkan, momentum pengembangan telah dimulai sejak diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government di mana menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah diinstruksikan untuk melaksanakan pengembangan sesuai tugas, fungsi, kewenangan, dan kapasitas sumber daya yang dimilikinya.

"Salah satu indikator dari penilaian evaluasi adalah adanya SOP di masing-masing perangkat daerah," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video