Khofifah, Alumnus FISIP Unair Pertama yang Jadi Gubernur Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 19 Mei 2021 20:25 WIB

Irwan Setiawan, S.I.P., Ketua DPW PKS Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Irwan Setiawan, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur, menyampaikan apresiasinya terhadap Khofifah Indar Parawansa di hari ulang tahunnya ke-56, 19 Mei 2021. Irwan punya penilaian tersendiri terhadap sosok Khofifah yang notabene adalah seniornya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga, Surabaya. Khofifah FISIP Unair angkatan '84, sedangkan Irwan FISIP angkatan '94.

Menurutnya, Khofifah adalah sosok perempuan yang ulet sehingga banyak prestasi dan jabatan publik yang pernah dan masih ia jabat. Irwan mencatat Khofifah tak hanya perempuan pertama yang menjadi Gubernur Jawa Timur. Ia juga adalah alumnus FISIP Unair pertama yang menjadi Gubernur Jatim.

"Sebagai alumnus FISIP Unair, tentu saya bangga senior saya ada yang menjadi gubernur di provinsi sebesar Jawa Timur. Semoga ini menjadi inspirasi bagi alumni yang lain," tutur politikus yang akrab disapa Kang Irwan itu, Rabu (19/5/2021).

Irwan melihat Khofifah sosok yang tak kenal lelah dan menyerah serta menghargai sebuah proses. Terbukti meski telah dua kali gagal dalam kontestasi Pilgub Jatim, tahun 2008 dan 2013, dia tetap berjuang pada Pilgub 2018 hingga akhirnya terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur.

Meski PKS bukan sebagai partai koalisi Khofifah pada Pilgub 2018, namun pihaknya angkat topi akan kegigihan Khofifah. Terlebih, ketika menjadi gubernur, Khofifah tidak membedakan perlakuan terhadap partai pengusung dan bukan pengusung.

"Saya punya pengalaman, saat baru ditunjuk sebagai Ketua DPW PKS Jatim menggantikan almarhum Arif Hari Setiawan, pernah diterima dalam audiensi di Gedung Negara Grahadi. Demikian pula saat saya terpilih menjadi Ketua DPW periode 2020-2025, beliau memberikan apresiasi saat Munas dan Muswil V PKS," ujar Irwan.

Irwan juga mengapresiasi kinerja Khofifah selama dua tahun ini. Khofifah tergolong sukses dalam memimpin Jawa Timur. Terbukti ekonomi tetap tumbuh, meski di tengah pandemi Covid-19. Bahkan Khofifah sukses menekan angka Covid-19 di Jatim dan juga melakukan vaksinasi Covid-19 secara masif di Jatim.

Pihaknya tentu akan bersikap obyektif sebagai partai politik. Termasuk mendukung kebijakan yang baik dan pro rakyat. Demikian pula, PKS juga tak segan mengingatkan bila ada kebijakan pemprov yang kurang pas. Selama ini komunikasi politik dengan gubernur dilakukan melalui Fraksi PKS yang ada di DPRD Jatim.

"Saya berharap Bu Khofifah tak hanya menorehkan prestasi selama memimpin Jawa Timur. Tapi saya yakin beliau bisa lebih dari itu, bisa membuat sesuatu yang monumental bagi bangsa ini," pungkas Irwan. (mdr/ian)