Begini Tradisi Lebaran Ketupat di Lereng Gunung Wilis, Pinggiran Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Tradisi Lebaran Ketupat di Lereng Gunung Wilis, Pinggiran Kediri

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 20 Mei 2021 13:25 WIB

Tradisi kenduri ketupat yang digelar oleh warga Desa Mlati, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Siapa bilang tradisi lebaran sudah terkikis di tengah masyarakat. Buktinya, warga Kabupaten Kediri masih merayakan lebaran , yang diperingati tujuh hari pasca Hari Raya Idul Fitri, Kamis (20/5). Desa Mlati, Kecamatan Mojo, salah satu desa yang masih menggelar tradisi kenduri .

Tidak hanya di Kecamatan Mojo saja, sejumlah desa di Kabupaten Kediri juga menggelar ini. Hampir seluruh warga pada hari sebelumnya sibuk memasak untuk dikonsumsi secara khusus pada hari lebaran .

Selain dikonsumsi sendiri, sajian yang dilengkapi dengan kuah khas yang telah matang juga dibagikan ke rumah-rumah tetangga. Puncaknya dimakan bersama oleh sebagian warga di setiap masjid dan musala pada pagi hari, tanggal 8 Syawal.

Di Masjid Miftahul Huda Desa Mlati yang terletak di lereng Gunung Wilis, sejak pagi hari warga sekitar sudah berdatangan dengan membawa ember berisi , sayur, dan lauk untuk keperluan kenduri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video