Sediakan Ambulans Penjemputan Jenazah, ​PCC Buka Layanan Khusus bagi Pekerja Migran Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sediakan Ambulans Penjemputan Jenazah, ​PCC Buka Layanan Khusus bagi Pekerja Migran Indonesia

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Minggu, 23 Mei 2021 13:36 WIB

Bupati Baddrut Tamam dan Sekdakab Pamekasan Ir. Totok Hartono bersama operator PCC. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Program (PCC) bekerja sama dengan BP2MI/P4TKI Kabupaten Pamekasan membuka layanan khusus Indonesia atau PMI yang meninggal dunia di luar negeri. Terutama bagi pihak ahli waris dan keluarga yang membutuhkan ambulans penjemputan jenazah PMI.

"Alhamdulillah bisa dilayani dengan gratis. Supaya bisa semua gratis dari biaya kargo dan ambulansnya," ungkap Kordinator PCC Amir Chamdani kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (23/5/2021).

Disinggung terkait syarat apa saja yang harus dibawa oleh keluarga yang akan mengajukan layanan tersebut, Amir menjawab bahwa hanya dengan beberapa berkas resmi saja. Yakni, surat keterangan kematian, berkas pengantar dari KBRI, surat keterangan tidak mampu dari kepala desa setempat, dan data diri lainnya.

Amir menerangkan, hal ini merupakan pemutakhiran layanan PCC usai setahun berbakti untuk Bumi Gerbang Salam. Sebelumnya, program ini awalnya hanya melayani konsultasi kesehatan dan antar jemput orang sakit melalui fasilitas mobil SIGAP yang diberikan kepada semua pemerintah desa.

"Kini kami berikan layanan baru untuk mempercepat akses informasi dan layanan bagi keluarga PMI yang kesulitan memulangkan jenazah keluarga yang di luar negeri. Baik pekerja migran resmi maupun nonresmi," terangnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Bupati Pemekasan H. Baddrut Tamam mengaku bahwa program PCC ini untuk memberikan pelayanan excellent kepada masyarakat. Yakni turunannya dengan memberikan mobil SIGAP kepada 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video