Survei PKB-ARSC: Elektabilitas PD Masuk Tiga Besar, Prabowo - Mega - AHY Ketum Layak Capres | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Survei PKB-ARSC: Elektabilitas PD Masuk Tiga Besar, Prabowo - Mega - AHY Ketum Layak Capres

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Minggu, 23 Mei 2021 20:01 WIB

Hasil survei yang dilaksanakan Perkumpulan Kader Bangsa bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting. Survei nasional yang itu dilakukan akhir April - awal Mei 2021. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perkumpulan Kader Bangsa (PKB) bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting merilis survei nasional yang dilakukan akhir April - awal Mei 2021. Dalam survei ini, Partai (PD) masuk dalam tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi, dengan proyeksi elektabilitas 14,8%, sedikit di bawah Partai Gerindra (15,03%) dan PDI-P (19,6%).

Elektabilitas Ketum PD juga masuk dalam enam besar. Bahkan jika dibandingkan dengan ketua umum partai politik lain, berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89%.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon. Sebanyak 54,8% responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar/mahasiswa (33%), karyawan swasta (28%), serta pengusaha atau wirausaha (17%).

"Naiknya pamor Partai di survei tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal Partai , khususnya isu Kongres Luar Biasa yang meramaikan perbincangan di publik," kata Bagus Balghi, peneliti Akar Rumput Strategic Consulting dalam paparan yang dilakukan secara online, Minggu (23/5/2021).

"Hasil ini konsisten dengan tiga survei sebelumnya oleh Indikator Politik, Balitbang Kompas, dan LP3ES," tegas Tomi Satryatomo, Kabalitbang DPP Partai .

Menurutnya, secara obyektif ini menunjukkan PD di bawah kepemimpinan Ketum yang baru setahun, berhasil melakukan konsolidasi internal sekaligus mulai mengambil hati dan pikiran publik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video