Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Selesai, Ini Temuan BPCB Trowulan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 28 Mei 2021 14:45 WIB

Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan telah selesai melakukan ekskavasi lanjutan di Candi Gedog, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan telah selesai melakukan ekskavasi lanjutan di , Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Ada temuan yang cukup signifikan dari ekskavasi lanjutan tersebut.

Arkeolog BPCB Jawa Timur Nonuk Kristina mengatakan, ekskavasi berhasil menampakkan struktur sudut tenggara dan struktur sisi barat. Sedangkan luasan data arkeologis yang berhasil ditampakkan mencapai 7,2 meter persegi.

"Untuk hasil hari terakhir bisa menampakkan data arkeologis secara riil. Yaitu seluas 7,2 m persegi. Hasil ekskavasi ini menampakkan fondasi satu candi dengan bentuk nyata," ujar Nonuk.

Setelah ekskavasi lanjutan ini, BPCB memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Blitar untuk dilakukan ekskavasi. Karena dari hasil ekskavasi ini masih tampak banyak sekali potensi data arkeologis yang terpendam. Jika ekskavasi lanjutan dilakukan, pihaknya akan fokus ke sisi utara dan timur untuk mengupas data arkeologis yang saat ini sudah mulai tampak. "Semoga di tahun mendatang ada ekskavasi lanjutan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk tetap melanjutkan ekskavasi. Pihaknya juga telah mengajukan anggaran untuk rencana ekskavasi lanjutan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video