Begini Serunya Lomba Promosi Produk UMKM Bagi Kepala OPD dan Camat di Surabaya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indrayadi
Minggu, 30 Mei 2021 02:14 WIB

Aksi salah satu OPD dalam Lomba Promosi Produk UMKM dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Lomba Promosi Produk UMKM untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728. Lomba yang dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya beserta para Camat se-Surabaya itu digelar dengan terbatas serta dengan protokol kesehatan ketat di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Disiarkan secara live melalui beberapa akun media sosial dan akun YouTube yang dikelola oleh Pemkot Surabaya, lomba tersebut digelar untuk menggerakkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan tujuan acara tersebut yaitu untuk terus meningkatkan dan menggerakkan produk-produk UMKM di Surabaya. Ia memastikan akan terus membantu memasarkan dan meyakinkan seluruh warga bahwa ekonomi Surabaya bisa bergerak jika UMKM-nya bisa bergerak.

“Tentunya, sambil kita terus mencegah penularan Covid-19 di Kota Surabaya,” katanya seusai lomba promosi produk UMKM di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Selain itu, Eri juga menjelaskan bahwa acara ini memang khusus untuk Kepala OPD dan Camat se-Surabaya. Alhasil, para kepala OPD dan camat ini menunjukkan kreativitasnya dalam memasarkan produk-produk UMKM Kota Surabaya.

Lomba Promosi Produk UMKM ini dilakukan melalui dua tahap. Pertama, setiap OPD dan camat membuat video sekreatif mungkin dalam memasarkan produk UMKM yang di-upload di sosial media masing-masing, baik akun sosmed OPD ataupun akun pribadi.

Kedua, mereka tampil dipanggung yang telah disediakan sembari mempromosikan produk UMKM. Penampilan 20 peserta terbaik itu pun digelar di Balai Kota Surabaya hari ini.

Dari 75 peserta yang ikut serta menyetorkan video promosinya, dipilih 20 peserta dan tampil pada hari ini. Kemudian, dari 20 itu dipilih enam peserta terbaik dan dua juara favorit. Nantinya, enam peserta terbaik dan beberapa peserta lainnya akan ditampilkan juga di videotron di berbagai titik di Surabaya.

"Melalui cara ini jajaran Pemkot Surabaya akan selalu support para UMKM untuk membantu membangkitkan perekonomian Surabaya melalui diri sendiri secara pribadi dan instansi," kata Eri.

Dari 20 peserta itu, dipilih enam juara terbaik, yaitu Juara Harapan 3 diraih oleh Bagian Humas, Juara Harapan 2 diraih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Juara Harapan 1 diraih oleh Dinas Perpustakaan dak Kearsipan, Juara 3 diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Juara 2 diraih oleh Bagian Umum, dan khusus Juara 1 akan diumumkan secara langsung pada saat upacara HJKS ke-728 di Balai Kota Surabaya.

Sementara juara favorit berdasarkan voting diraih oleh dua peserta. Juara Favorit 1 diraih oleh Bagian Humas dan Juara Favorit 2 diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Khusus juara favorit ini hadiahnya diserahkan langsung pada saat lomba dan diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PPK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi. (dra/rev)