Kunjungan di Surabaya, Kang Emil Sambangi Markas Bonek Mania

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Minggu, 30 Mei 2021 19:10 WIB

Kang Emil menyambangi Warkop Pitu Likur menyambung silaturahim antara Bonek dengan Bobotoh. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selama dua hari ini melakukan kunjungan informal ke Surabaya. Sehari sebelumnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu bertemu dengan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak, dalam rangka renovasi dan desain ulang masjid di kompleks Islamic Center yang akan dikerjakan oleh Gubernur Jabar itu.

Hari ini, Kang Emil menyempatkan diri menyambangi Warkop Pitu Likur yang selama ini dikenal sebagai markas Bonek Mania. Kunjungan itu untuk mempererat hubungan Bobotoh dengan Bonek. Mantan Wali Kota Bandung ini melakukan pertemuan dengan pentolan Bonek Surabaya, Cak Conk yang juga Koordinator Bonek Tribun Utara (Green Nord).

"Dalam kunjungan ke Surabaya ini, saya ingat persaudaraan Bonek dengan Bobotoh. Saya bilang ke tim saya yang mendampingi. Ayo kita ketemuan sama teman-teman Bonek. Alhamdulillah, kesampaian dan kita bisa ketemuan di sini. Ada Cak Conk yang juga salah satu Koordinator Bonek Surabaya," tutur Kang Emil di Warkop Pitu Likur, Jl. Raya Ngagel, Surabaya, Minggu (30/5/2021).

Kang Emil mengungkapkan, persaudaraan erat Bonek dan Bobotoh harus diapresiasi dan menjadi contoh bagi suporter lain. Hubungan Bonek dan Bobotoh seperti saudara yang saling dukung dan bantu.

"Rivalitasnya 90 menit aja selama pertandingan berlangsung. Setelah itu ya kita kembali sama-sama menjadi Indonesia Raya, sama sama Pancasila," ujar alumnus ITB itu.

Ketika disinggung apakah pertemuan tersebut ada kaitan dengan Pilpres 2024, demi menarik simpati Bonek, Kang Emil menepis anggapan itu. Menurutnya, ini murni silaturahim tidak ada niatan apa pun, selain itu.

"Hahaha, bisa saja ini pertanyaannya. Ndak, ndak ada. Ini murni silaturahim. Kita jalin persaudaraan, bila nanti Bonek ke Bandung ya kita terima. Ndak ada bicara politik," tandasnya.

Sementara itu, Cak Conk-Koordinator Bonek Tribun Utara mengatakan, kedatangan Kang Emil akan membuat persaudaraan Bonek dan Bobotoh akan semakin erat.

"Kita merasa beruntung Bapake Bobotoh seorang Gubernur mau bersilaturahim dengan kita Bonek di Surabaya. Semakin menguatkan Bandung rumah kedua Bonek, demikian sebaliknya," katanya

Cak Conk melanjutkan, pertemuan ini murni silaturahim, tidak ada unsur politik apalagi dikaitkan dengan Pilpres 2024 mendatang.

"Kita tidak masuk ranah politik. Kita murni untuk jalinan keakraban antara Bonek dan Bobotoh. Kalau ada unsur-unsur politik, kita tidak akan masuk di sana. Tadi pembicaraan juga tidak ada terkait politik," pungkas pentolan Bonek Green Nord itu. (mdr/ian)