Mulai Bebas Covid-19, Negara Ini Gelar Lotre Vaksin, Pemenangnya Dapat Rp 20 M | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mulai Bebas Covid-19, Negara Ini Gelar Lotre Vaksin, Pemenangnya Dapat Rp 20 M

Editor: MMA
Senin, 31 Mei 2021 05:41 WIB

Dahlan Iskan di areal persawahan lahan gandum di Amerika Serikat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Pandemi Covid-19 mulai melandai. Baik di Indonesia, (AS), China maupun di negara-negara lain. Bahkan di California - negara bagian di AS - pada 10 hari terakhir sudah tak ada yang meninggal.

Kini vaksinasi di negara tersebut tinggal 6 persen. Karena itu dibuat lotre. Pemenang vaksinnya mendapat Rp 20 miliar.

Loh? Silakan baca tulisan Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, hari ini, Senin 21 Mei 2021. Selamat membaca:

INI bukan judi. Ini lotre. Suka-suka yang memberi nama. Pemenangnya dapat Rp 20 miliar.

Yang boleh ikut berjudi terbatas: hanya yang umurnya 12 tahun ke atas dan yang mau disuntik vaksin Covid-19.

Yang akan mendapat Rp 20 miliar tidak hanya satu orang. Tapi 10 orang. Masih akan banyak pemenang lagi yang nilai uangnya di bawah itu.

Pengumuman pertamanya 15 Juni depan. Dua minggu lagi. Itulah tanggal penting bagi negara bagian California: 15 Juni nanti adalah hari California dibuka kembali secara penuh. Boleh tidak pakai masker. Bisa tidak jaga jarak. Segala jenis keramaian diizinkan. Pantai dibebaskan. Gunung silakan didaki.

Undian besar itu punya maksud khusus: agar di tanggal itu nanti, 70 persen penduduk California sudah tervaksinasi.

Sampai tulisan ini dibuat, kemarin, persentase itu sudah mencapai 64 persen. Sudah 22 juta penduduk dewasanya yang ikut vaksinasi.

Dari pengamatan media di sana California memang istimewa. Ia juara terbanyak penderita Covidnya: 3,8 juta. Juga juara jumlah yang meninggal: 63.000. Disusul Texas, Florida, dan New York.

Tapi California juga yang paling tegas menghadapi pandemi: kota besar Los Angeles pernah di-lockdown total satu minggu.

Dan akhirnya California tampil pertama pula: sebagai negara bagian yang tidak punya lagi penderita baru Covid. Sudah lebih 10 hari terakhir ini. Juga tidak ada lagi yang meninggal karena virus itu. Ada negara bagian lain yang juga hebat tapi jumlah penduduknya sedikit.

Kekurangan vaksinasi 6 persen itu dianggap sebagai ''enam meter terakhir menjelang finis'' dalam sebuah lomba lari 100 meter melawan Covid. "Jangan sampai sudah berhasil lari 94 meter gagal finis hanya akibat 6 meter terakhir," ujar pejabat di sana –seperti disiarkan banyak media.

Doping untuk mencapai finis pun diberikan. Dengan hadiah total sekitar Rp 200 miliar.

Ide undian itu memang tidak orisinal. Negara bagian Ohio sudah lebih dulu melaksanakannya. Dengan hadiah lebih kecil: Rp 14 miliar. Ohio pun bukan pelopornya. Negara bagian Maryland-lah yang memulai. Meski hadiahnya 'hanya' Rp 600 juta per pemenang.

Awalnya Maryland merangsang penduduknya tidak lewat undian. Negara bagian di dekat Washington DC itu memulainya dengan unik: ''satu suntikan satu gelas bir''. Maka di lokasi vaksinasi disediakan bir dingin. Begitu disuntik mereka boleh minum bir gratis satu gelas.

Amerika kini menjelang ''merdeka'' dari Covid.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video