Puncak Hari Lahan Basah Sedunia, Mangrove Ujungpangkah Ditetapkan Jadi Kawasan Ekosistem Esensial | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Puncak Hari Lahan Basah Sedunia, Mangrove Ujungpangkah Ditetapkan Jadi Kawasan Ekosistem Esensial

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Kamis, 03 Juni 2021 19:48 WIB

Bupati Gus Yani (kiri) bersama Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Kementerian LH Asep Sugiharta dalam penobatan KEE Mangrove Ujungpangkah. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kawasan Mangrove Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik dinobatkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) dalam acara talkshow di Hotel Aston Inn Gresik, Kamis (3/6/2021).

Hadir sebagai narasumber yakni Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial (BPEE) Kementerian LH Asep Sugiharta, dan dari PGN Saka, Subali. Sedangkan narasumber lain yang hadir melalui daring yaitu Dirjen Konversi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Kegiatan ini juga diikuti oleh ratusan peserta se-Indonesia via daring.

Direktur BPEE Asep Sugiharta menyatakan, dengan ditetapkannya Kawasan Mangrove Ujungpangkah oleh pemerintah pusat menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) pada puncak , kawasan ini bukan hanya kawasan yang dikenal di tingkat lokal dan regional, tapi akan dikenal di kawasan nasional bahkan Internasional.

"KEE Mangrove Ujungpangkah adalah KEE pertama yang ada di luar hutan konservasi. KEE Mangrove ini akan diakui dunia tentunya akan menjadi kebanggaan masyarakat Gresik, Jawa Timur, dan Indonesia. Saya berharap agar masyarakat sekitar akan lebih cinta dan peduli lingkungan," katanya.

Menurut dia, KEE Mangrove Ujungpangkah ditetapkan sebagai Situs Ramsar yaitu situs lahan basah yang dirancang untuk kepentingan internasional di bawah Konvensi Ramsar. Konvensi Lahan Basah yang dikenal sebagai Konvensi Ramsar adalah perjanjian lingkungan antarpemerintah oleh UNESCO pada 1971 dan mulai berlaku pada tahun 1975.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video