Gagal Berangkat, Sejumlah CJH Asal Jombang Kecewa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gagal Berangkat, Sejumlah CJH Asal Jombang Kecewa

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Jumat, 04 Juni 2021 16:28 WIB

Minarto dan Nurul Aini, CJH asal Jombang. (foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Indonesia resmi meniadakan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 lantaran masih adanya pandemi Covid-19 dan permasalahan kuota. Keputusan tersebut sontak mendapat respons dari calon jemaah haji (CJH). Bahkan, tak sedikit calon jemaah mengaku kecewa karena gagal berangkat tahun ini.

Kekecewaan itu diungkapkan oleh pasangan suami istri (pasutri) asal Jl. Teratai Desa Candimulyo, Kecamatan , Kabupaten , usai pemerintah memutuskan meniadakan penyelenggaraan haji dua kali, dari tahun 2020 dan tahun 2021.

Pasutri itu bernama Minarto (40) dan Nurul Aini (39). Pasangan yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang kain di Pasar Sumobito ini mengaku sangat kecewa setelah dipastikan tidak bisa menginjakkan kaki ke Tanah Suci.

Impian keduanya bisa menunaikan Rukun Islam ke-5 pada tahun ini, kembali terkubur setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan meniadakan penyelenggaraan.

"Gimana ya, Mas. Tahun kemarin sudah ditunda, tahun ini ditunda lagi. Mestinya kan berangkat, ya geloh lah, Mas," ujar Minarto saat ditemui di kediamannya, Jumat (4/6/2021).

Dijelaskan Minarto, sejak gagal haji pada musim haji tahun 2020 kemarin, dia sangat optimis bisa berangkat pada musim haji 2021. Sejumlah persiapan, termasuk bekal hingga cek kesehatan secara rutin hingga mengikuti vaksin Covid-19 dua kali juga sudah dilakukan.

"Sempat pasrah, tapi kemudian tidak. Karena saya yakin tahun 2021 bisa. Eh ternyata tadi ada pengumuman ditunda lagi. Padahal saya nunggu dapat porsi haji ini sejak 10 tahun lalu. Baru tahun 2019 dapat panggilan, kami juga sudah vaksin," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video