Jajanan Tak Layak Makan Marak Beredar, Komisi C DPRD Probolinggo Panggil Dinkes | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jajanan Tak Layak Makan Marak Beredar, Komisi C DPRD Probolinggo Panggil Dinkes

Editor: Nur Syaifudin/Revol
Wartawan: Andi
Senin, 02 Maret 2015 20:10 WIB

Komisi C DPRD Kota Probolinggo saat hearing dengan dinkes. (Andi/BangsaOnline.com)

PROBOLINGGO (BangsaOnline) - Komisi C DPRD Kota Probolinggo memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait temuan adanya makanan jajanan yang diduga mengandung bahan kimia seperti eodhamin B, formalin, borak serta pestisida yang berbahaya yang beredar di Kota Probolinggo.

Dalam Hearing, Abdul Aziz, anggota Komisi C menunjukkan satu sample makanan yang dia dapat disalah satu pedagang jajanan keliling di sebelah rumahnya. Oleh Aziz, sample makanan yang lengkap dengan sedotan yang tak lazim itu ditunjukkan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan, Nur Hasanah dan beberapa staf Dinkes yang ikut dalam hearing, Senin (2/3).

Dewan mempertanyakan langkah Dinkes dalam pengawasan jajanan di sejumlah lembaga sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Dinkes diminta jeli.

“Ini harus ada jaminan dari Dinkes. Sudah sejauh mana mereka melakukan pengawasan kepada para pedagang keliling itu. Kalau ini dibiarkan, ini akan mengancam anak-anak yang notabene merupakan generasi muda bangsa. Kita perlu mendapatkan keterangan secara detail, sejauh mana langkah Dinkes untuk mengawasi itu,” tegas Aziz diamini anggota Komisi C yang lain.

Kepala Dinkes, dr. Nur Hasanah mengaku sejuah ini pihaknya sudah melakukan beberapa sidak ke sekolah-sekolah untuk melakukan inspeksi sanitasi, melakukan uji petik terhadap tempat pengelolaan makanan meliputi depot, PKL, kantin sekolah dengan mengambil sample untuk diperiksa di laboratorium.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video