Gerak Cepat Tanggulangi Lonjakan Kasus Covid di Bangkalan, Pemprov Jatim Lakukan Sejumlah Langkah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gerak Cepat Tanggulangi Lonjakan Kasus Covid di Bangkalan, Pemprov Jatim Lakukan Sejumlah Langkah

Editor: Redaksi
Wartawan: Tim
Minggu, 06 Juni 2021 22:31 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan disikapi cepat dan simultan oleh Pemprov Jawa Timur. Berkoordinasi dengan dan , saat ini tengah dilakukan sejumlah langkah terintegrasi guna mencegah pertambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur , Minggu (6/6/2021) menjelaskan, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan koordinasi intens sejak hari Kamis (3/6/2021) dengan terkait penanganan kuratif pasien Covid-19.

Pemprov juga telah melakukan percepatan rujukan pasien Covid-19 dari Bangkalan ke RS dr Soetomo dan rumah sakit rujukan lainnya di Surabaya. Sejak lima hari terakhir, hal ini sudah berjalan. Khusus untuk RSUD Rato Ebu Bangkalan, pemprov mempersiapkan penambahan bed perawatan pasien Covid-19 guna relaksasi rumah sakit di Bangkalan, yang kini memang angka huniannya sudah cukup tinggi.

Selain itu, juga tengah melakukan tracing dan testing secara ketat pada masyarakat yang berkontak erat.

“Rakor terkait lonjakan kasus di Bangkalan sudah kami lakukan sejak Kamis pekan lalu. Dan hari ini pun, Dinkes Jatim bersama Satgas Covid-19 Jatim juga tengah melakukan rakor di Bangkalan. Dilanjutkan kunjungan rumah sakit dan titik yang terdeteksi paling banyak kasus yaitu Arosbaya. Penanganan yang holistik harus dilakukan, terutama untuk tracing dan testing serta menurunkan BOR. Karena saat ini BOR di Kabupaten Bangkalan terus meningkat. Di RSUD Bangkalan bed-nya itu dari 90 tempat tidur, yang terpakai sudah 73 bed,” tegas Khofifah.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa rumah sakit Bangkalan membutuhkan HFNC, ventilator, serta beberapa jenis obat. telah mengkomunikasikan ke Kementerian Kesehatan dan akan segera dikirim sebanyak 32 unit HFNC langsung ke Bangkalan.

“Kami sudah mengirimkan pemenuhan kebutuhan obat ke Bangkalan, dan kami juga telah mengusulkan ke dirjen di Kemenkes agar 32 HFNC dikirimkan langsung ke Bangkalan. Lalu bagi pasien yang kondisinya berat bisa segera dirujuk langsung ke RS dr Soetomo, agar penanganan maksimal, karena alat dan dokternya juga lebih lengkap dan agar RS di Bangkalan bisa ada relaksasi,” tambah Khofifah.

Tidak hanya itu, sejak kemarin sejumlah mobil PCR test dari juga sudah dikirimkan ke Kabupaten Bangkalan untuk memasifkan testing di titik-titik yang memang menjadi episentrum lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan.

“Saya terus update, mobil PCR tersebut sudah sampai di Bangkalan. Namun ada kendala memang, masih banyak masyarakat yang belum berkenan untuk di swab PCR. Maka langkah-langkah persuasif yang diharapkan menimbulkan kesadaran masyarakat untuk mau dites, terus kita lakukan, agar penanggulangan dan pencegahan penularan bisa dilakukan,” papar Gubernur Khofifah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video