Teken Komitmen, ​Wali Kota Probolinggo dan Pelaku Usaha Siap Wujudkan 2022 Zero Sampah Plastik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Teken Komitmen, ​Wali Kota Probolinggo dan Pelaku Usaha Siap Wujudkan 2022 Zero Sampah Plastik

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajuddin
Senin, 07 Juni 2021 16:24 WIB

Ngopi Item Mesra (Ngobrol Peduli Lingkungan, Mitra, Perusahaan dan Masyarakat Menuju Sejahtera) bersama Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), Senin (7/6/2021).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gebrakan untuk mengurangi sampah plastik di tahun 2022 mendatang terus digalakkan Wali Kota Probolinggo bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Terbaru, bersama pelaku usaha atau perusahaan yang ada di wilayah Kota Probolinggo melakukan penandatanganan komitmen untuk tak memakai kantong plastik atau tas kresek. Komitmen tersebut bakal diujicobakan selama 6 bulan ke depan, di mana awal tahun 2022 mendatang diharapkan tak ada lagi sampah plastik berupa kantong plastik atau tas kresek.

Isi dari penandatanganan menyebutkan, perwakilan pelaku usaha dan atau kegiatan usaha berkomitmen untuk melaksanakan dan mendukung pengurangan penggunaan sampah plastik dalam melakukan kegiatan usaha dengan pembatasan penggunaan kantong plastik, pemanfaatan kembali kantong plastik, dan penggunaan kantong plastik ramah lingkungan.

Kesepakatan pengurangan sampah plastik itu dilaksanakan saat Ngopi Item Mesra (Ngobrol Peduli Lingkungan, Mitra, Perusahaan dan Masyarakat Menuju Sejahtera) bersama Wali Kota di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), Senin (7/6/2021).

Wali Kota mengatakan, dirinya bakal terus mengedukasi masyarakat agar tidak lagi memakai kantong plastik ketika berbelanja di toko maupun swalayan. "Kita bakal wujudkan zero sampah plastik di tahun 2022. Kini, masih ada jeda 6 bulan untuk mengevaluasi komitmen bersama itu. Mari kita gaungkan dari sekarang untuk diinformasikan kepada masyarakat, stakeholder, dan perusahaan, sehingga di tahun 2022 tidak ada lagi yang mengaku saya tidak tahu," ujarnya.

Wali Kota Habib Hadi mengaku bersyukur bahwa semua stakeholder di Kota Probolinggo punya spirit yang sama dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Menurutnya, jika pemerintah atau pelaku usaha dan mitra berjalan sendiri maka program yang diwujudkan tidak akan sempurna.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video