Wali Kota Blitar Sebut PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus Covid-19 di Daerahnya

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Selasa, 08 Juni 2021 11:15 WIB

Santoso, Wali Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Blitar Santoso menyebut pasca-Hari Raya Idulfitri tidak ada lonjakan signifikan kasus Covid-19 di daerahnya. Bahkan, kata dia, tingkat hunian rumah isolasi dan tempat tidur di rumah sakit juga terus menurun setiap harinya.

"Alhamdulillah, tidak ada lonjakan kasus yang signifikan. Tingkat hunian rumah isolasi dan tempat tidur di rumah sakit juga terus menurun," kata Santoso.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19 Kota Blitar, pada 13 Mei 2021 lalu tercatat ada 2.581 kasus konfirmasi positif Covid-19. Kemudian, saat ini jumlah kasus konfirmasi positif sebanyak 2.662. Artinya, selama dua pekan lebih pascalebaran hanya ada tambahan 81 kasus, sedangkan tingkat kesembuhan mencapai 95,27 persen atau 2.536.

"Untuk tambahan kasus positif semua juga sudah tertangani," imbuh Wali Kota Santoso.

Dia menyebut, PPKM Mikro berperan besar dalam menekan penularan Covid-19 di Kota Blitar. Untuk itu, pihaknya menyatakan Pemkot Blitar siap mengikuti instruksi pemerintah pusat untuk melakukan perpanjangan PPKM Mikro.

"PPKM Mikro saya rasa adalah cara paling efektif untuk menekan penularan Covid-19," tegasnya.

Dia optimis, jika masyarakat terus konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari, maka pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

"Mudah-mudahan konsistensi dalam menjalankan prokes ini bisa dipertahankan, sehingga pandemi ini segera berakhir," pungkasnya. (ina/zar)