Resmikan Caffe Pelayanan Publik Pertama, Bupati Arifin Janjikan Bakal Ada di Tiap Kantor Desa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Rabu, 09 Juni 2021 00:28 WIB

Bupati Arifin usai me-launching CPP di DPMPTSP Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin secara resmi telah me-launching CPP (Caffe Pelayanan Publik) yang lokasinya berada di DPMPTS (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Jalan Panglima Sudirman Trenggalek, Selasa (8/6).

Usai launching, di hadapan para awak media, Bupati Arifin mengucapkan syukur atas dibukanya CPP yang pertama untuk masyarakat.

"Ini mengintegrasikan semua pelayanan, tidak hanya yang ada pada perizinan di Dinas PTSP tetapi, baik lintas sektor mulai dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, bahkan Kantor Pajak Pratama. Terus kemudian UPT dari Provinsi Jawa Timur yang memungut pajak dan retribusi daerah semuanya ada di sini," kata Arifin.

Dikatakan oleh Arifin, untuk mengakses pelayanan publik, masyarakat tidak diharuskan datang ke CPP. Alasannya karena CPP sifatnya hanya membantu ketika masyarakat menemui kesulitan saat mengakses layanan publik secara online.

Namun, ia mempersilakan masyarakat untuk datang ke CPP jika mendapat kesulitan atau tidak paham ketika hendak mengakses layanan publik melalui sistem digital atau online.

"Silakan datang ke sini, tapi sebenarnya semua layanan bisa dilakukan secara online, tinggal masuk saja melalui http caffe layanan publik disingkat cpp.trenggalekab.go.id," terangnya.

Adapun layanan secara online tersebut meliputi SKCK, Adminduk, pembayaran pajak, BPJS kesehatan dan tenaga kerja, pelayanan Samsat, dan perizinan.

Dalam kesempatan ini, Arifin juga menerangkan alasan pemberian nama caffe pelayanan publik. Menurutnya, DPMPTSP tidak hanya memberikan layanan publik semata. Lebih dari itu, kata dia, DPMTSP juga melakukan sinergi dalam upaya menumbuhkan daya ungkit ekonomi lokal.

"Karena di sini juga ada galeri dari produk-produk UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) Trenggalek," jelasnya.

Sehingga ketika masyarakat datang dan membutuhkan layanan publik di CPP, mereka bisa duduk bersantai sambil menikmati aneka sajian makanan dan minuman. "Jadi, kita pinginnya pelayanan publik prima tetapi juga pemulihan ekonomi juga maksimal," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Trenggalek ini juga menyampaikan bahwa ke depan CPP akan disediakan di beberapa kecamatan di seluruh Kabupaten Trenggalek. "Sampai akhir tahun ini, 14 kecamatan harus memiliki Caffe Pelayanan Publik," pintanya.

Di tahun depan nantinya Arifin berharap CPP juga akan disediakan di kantor desa secara bertahap. Kendati demikian, ia juga menjanjikan bahwa dalam hitungan dua atau tiga tahun ke depan, CPP sudah tersedia di tiap kantor desa.

"Sehingga, kepala desa tidak harus berada di kantor ketika menandatangani surat-surat. Jadi, gak ada alasan untuk memberikan layanan sewaktu-waktu di desa," pungkasnya. (man/ian)