Rumah Warga di Tuban Terbakar, Uang Rp 15 Juta Ikut Hangus

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 09 Juni 2021 20:21 WIB

Tim Damkar BPBD Tuban tiba di lokasi untuk melakukan upaya pemadaman. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kebakaran rumah terjadi di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Rabu (9/6/2021). Akibatnya, rumah milik Sarmaji (60) yang dihuni bersama istrinya Damining (55) serta putrinya Lis (21) itu hangus.

Dari keterangan tetangga korban, Afiyatin (40), dirinya sempat mendengar ledakan dari dalam rumah yang diduga berasal dari tabung gas LPG. Setelah itu, kobaran api dengan cepat membesar dan menghanguskan rumah semi permanen beserta isinya.

"Kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang menyambar gas sehingga terjadi ledakan, dan api dengan cepat membesar," ujar Kepala Pelaksana BPBD Tuban Yudi Irwanto saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Lanjut Yudi, pada saat itu Damining, pemilik rumah sedang membersihkan kandang sapi yang berada di depan rumah. Melihat api menyala di dalam rumahnya, dia langsung meminta bantuan anaknya Bidin dan warga lainnya untuk memadamkan api.

Namun, usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil. Hingga kemudian, Tim Damkar BPBD Tuban tiba di lokasi untuk melakukan upaya pemadaman. Satu unit truk damkar dan truk tangki diterjunkan untuk menjinakkan api.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tapi pemilik rumah mengalami syok," imbuhnya.

Dengan dibantu masyarakat sekitar, akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Beruntung, api tidak sampai merambah ke pemukiman warga lainnya. Namun demikian, kerugian materiel ditaksir sekitar Rp 60 juta.

"Dari keterangan korban, terdapat uang senilai Rp 15 juta yang disimpan di dalam rumah juga ikut terbakar," pungkasnya. (gun/zar)