Tinjau Resi Gudang di Tuban, Wamendag: Masih Banyak SRG yang Belum Optimal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tinjau Resi Gudang di Tuban, Wamendag: Masih Banyak SRG yang Belum Optimal

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kamis, 10 Juni 2021 21:25 WIB

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga meninjau Gudang SRG (Sistem Resi Gudang) Tuban yang berlokasi di Jalan Raya Tuban-Babat di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kamis (10/6/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI meninjau Gudang SRG (Sistem Resi Gudang) Tuban yang berlokasi di Jalan Raya Tuban-Babat di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kamis (10/6/2021).

Kepada awak media, Wamendag menyatakan, kunjungannya kali untuk memastikan SRG di berbagai wilayah telah beroperasi optimal. Salah satunya di Kabupaten Tuban yang telah beroperasi dan dikelola dengan baik.

"Kami memastikan sistem SRG ini berjalan optimal, karena sebagian wilayah masih belum optimal, bahkan belum ada pengelolanya," ujarnya.

Terdapat 20 komoditas yang bisa disimpan di Gudang SRG. Mulai beras, jagung, ikan, kopi, cabai, dan lainnya. Guna memaksimalkan operasional SRG, perlu adanya sosialisasi dan promosi kepada masyarakat, utamanya petani. Agar mereka mau menyimpan hasil pertaniannya ketika harga turun, dan selanjutnya dijual kembali ketika harga naik.

"SRG ini sebagai instrumen tunda jual hasil panen. Petani bisa simpan komoditasnya di dalam gudang selama 6 bulan, sehingga saat harga turun di musim panen petani tidak harus menjual komoditasnya, sambil menunggu harga mulai naik," jelasnya.

Selain membawa manfaat bagi petani, keberadaan Gudang SRG dapat menjamin ketersediaan bahan pangan dan menjaga stabilitas harga. Melalui cara itu, diharapkan tidak ada lagi lonjakan harga untuk beberapa bahan pangan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video