Paparkan Strategi Pemulihan Ekonomi, Wali Kota Kediri: Dengan Digitalisasi Ekonomi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Paparkan Strategi Pemulihan Ekonomi, Wali Kota Kediri: Dengan Digitalisasi Ekonomi

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 11 Juni 2021 15:26 WIB

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (pegang mik) saat menjadi narasumber dalam Workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Pasca-Pandemi, Jumat (11/6/2021), bertempat di Kota Ambon. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com memaparkan strategi Pemerintah Kota Kediri dalam mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir 1,5 tahun. Berbagai strategi tersebut dipaparkan saat Wali Kota Kediri menjadi narasumber dalam Workshop Pengelolaan Anggaran Pemulihan Pasca-Pandemi, Jumat (11/6/2021), bertempat di Kota Ambon.

Di masa pandemi Covid-19, Wali Kota Kediri menilai digitalisasi ekonomi dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace menjadi langkah yang tepat untuk memulihkan perekonomian. Bila melihat data dari Hootsuite bahwa pengguna aktif media sosial mengalami peningkatan dari 160 juta di tahun 2020 menjadi 170 juta di tahun 2021.

Maka dari itu, lanjut Wali Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri mendorong UMKM-UMKM untuk go digital dan masuk ke marketplace. “Saya rasa ini solusi cerdas pulihkan ekonomi UMKM. Kita juga kerja sama dengan marketplace. Namun baru-baru ini saya temukan ada sedikit masalah di mana ongkos kirimnya terlalu mahal. Nah, inilah yang menjadi tugas kita bersama. Mungkin kita bisa lakukan intervensi agar ongkos kirim tidak terlalu mahal,” ujar Wali Kota Kediri.

Wali Kota Kediri menjelaskan langkah-langkah Pemerintah Kota Kediri dalam pemulihan ekonomi dengan digitalisasi produk UMKM. Langkah pertama yang diambil adalah memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk-produk UMKM di Kota Kediri.

Langkah selanjutnya, dengan menghadirkan pelaku usaha untuk mengikuti sesi kuratorial. Kegiatan ini sangat penting untuk menakar kesiapan pelaku usaha dalam memasuki pemasaran digital serta menentukan program pendampingan yang tepat.

Kemudian, dilakukan langkah pendampingan dengan workshop-workshop optimalisasi penjualan di marketplace, pelatihan digital marketing, dan workshop merawat kedai kopi di masa pandemi. Selanjutnya, Pemerintah Kota Kediri juga melakukan kerja sama dengan salah satu marketplace yakni Tokopedia dengan menggelar Mall UMKM Kediri Sale 2020.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video