Selalu Bahasa Madura, Kiai Nawawi Abdul Jalil Pemegang Teguh Tradisi Pesantren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selalu Bahasa Madura, Kiai Nawawi Abdul Jalil Pemegang Teguh Tradisi Pesantren

Editor: MMA
Minggu, 13 Juni 2021 20:49 WIB

M Mas'ud Adnan

Oleh: M Mas’ud Adnan --- Saat beliau masih hidup. Saya beberapa kali sowan. Ke KH Nawawi Abdul Jalil. Pengasuh Pondok Pesantren . Yang sore tadi dikabarkan wafat. Innalilallahi wainna ilaihi roji’un.

Tentu saya tak sendirian. Tapi bersama rombongan kecil. Tapi dipimpin orang besar. KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Ya, saat cucu pendiri NU Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari itu masih hidup. Saat aktif sosialisasi "NU bersih". 

Atau lebih tepatnya saat Gus Sholah gencar menegakkan khittah NU. Yang sulitnya bukan main. Namun tetap dilakukan. Dengan tegar. Dengan sabar. Agar NU tak terus menerus terkontaminasi politik dan uang.

Respons Kiai Nawawi luar biasa. Kiai yang selalu berpenampilan sederhana itu menyambut hangat Gus Sholah.

Gus Sholah pun sowan lagi. Ke . Beberapa minggu kemudian.

Kali ini Gus Sholah mengundang para kiai. Untuk sharing “NU bersih”. Sesuai khitah 26. Bersih dari politik dan money politics.

Untuk silaturahim kedua ini Kiai Nawawi menyiapkan ruangan khusus. Maklum, Gus Sholah mengundang banyak kiai. Sekitar 30 kiai. Dari berbagai daerah.

(KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) saat diterima KH Nawawi Abdul Jalil di Pondok Pesantren , saat dua kiai itu masih hidup. Tampak KH Azaim Ibrahimi, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo dan KH Hisyam Syafaat, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi. foto: Ustadz Amin Zen Tebuireng)

Kiai Nawawi ikut pembukaan pertemuan itu. Para kiai pun penuh semangat. Merasa disupport. Sharing tentang NU berlangsung hangat.

Saya selalu memperhatikan Kiai Nawawi. Termasuk semua pecakapan yang beliau lontarkan. Saya berkesimpulan. Kiai Nawawi adalah pemegang teguh tradisi pesantren. Tawadlu’. Ta’dzim. Terutama pada guru.

Loh, apakah Kiai Nawawi berguru pada Gus Sholah?

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video