SMAN, 2, 3, dan 4 Pamekasan Mengadakan Studi Tiru Sistem SKS ke Kabupaten Banyuwangi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

SMAN, 2, 3, dan 4 Pamekasan Mengadakan Studi Tiru Sistem SKS ke Kabupaten Banyuwangi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Senin, 14 Juni 2021 20:51 WIB

Rombongan SMAN 2, SMAN 3, dan SMAN 4 Pamekasan saat studi tiru sistem pembelajaran SKS di Banyuwangi.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Setelah SMAN 1 Pamekasan menerapkan pembelajaran memakai sistem Satuan Kredit Semester (SKS) selama 1 tahun. Kali ini, giliran tiga sekolah lain di kabupaten yang berjuluk kabupaten pendidikan yang berencana menerapkan sistem SKS.

Tiga sekolah itu yakni, SMAN 2 Pamekasan, SMAN 3 Pamekasan, dan SMAN 4 Pamekasan.

H. Moh. Arifin, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Kabupaten Pamekasan menjelaskan, saat ini ketiga SMAN tersebut mengadakan studi tiru ke SMAN 1 Giri Banyuwangi untuk melihat secara riil pelaksanaan sistem SKS yang merupakan sekolah rujukan untuk program SKS.

Sebab rencananya, sistem pelajaran SKS akan diterapkan oleh ketiga SMAN tersebut mulai tahun ajaran baru 2021-2022.

"Semua guru yang akan diberangkatkan sudah menerapkan prokes Covid-19 secara ketat untuk mencegah penyebarannya," tutur Arifin kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di SMAN 1 Pamekasan.

"Jadi walaupun kita studi tiru sistem SKS ke Kabupaten Banyuwangi tetap menjaga agar semuanya aman dari wabah corona," tambahnya.

Moh. Arifin yang juga Kepala SMAN 1 Pamekasan tersebut juga menerangkan, dalam sistem SKS ini, setiap mata pelajaran berisi beberapa materi yang harus diselesaikan siswa dalam satu semester.

"Mulai tahun ajaran baru ini sistem SKS akan kami terapkan di tiga SMAN tersebut," jelasnya.

Arifin menuturkan, sistem SKS ini sangat berbeda dengan yang diterapkan pada perguruan tinggi. Dengan menggunakan SKS, siswa diajarkan lebih banyak belajar secara mandiri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video