Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 14 Juni 2021 22:48 WIB

Tim Peneliti saat bekerja di area Candi Adan-Adan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas), sebuah lembaga yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, melakukan penelitian arkeologi di Situs yang berada di Dusun Genuk dan Dusun Candi, Desa Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten . Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 3 Juni 2021 hingga tangga 16 Juni 2021.

Penelitian tahun 2021 ini merupakan tahap ke-5 dari awal dilakukannya sejak tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. sendiri adalah salah satu cagar budaya peninggalan Masa Kadiri.

Sebuah masa di mana jejak-jejak peninggalan arsitektural masih jarang ditemui dan meninggalkan sejumlah misteri. Hal inilah yang mendorong para peneliti dan arkeolog untuk menelisik dan mendalaminya lebih jauh.

Pada penggalian tahap kelima ini, tim menemukan dua buah gentong atau genuk yang terbuat dari batu andesit dan sudut candi di sisi barat daya.

Dra. Sukawati Susetya, M.Hum., Ketua Tim Peneliti, mengungkapkan bahwa Tim Peneliti Puslitarkenas sempat “bekerja secara senyap” pada tahun 2020 karena kondisi Pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

"Namun demikian, hasil penelitian tetap disampaikan kepada masyarakat melalui kegiatan “FGD dan Sosialisasi Hasil Penelitian Arkeologi Candi Adan-adan” yang dilaksanakan di Pendopo Panjalu Jayati," kata Sukawati saat mempresentasikan hasil penelitiannya, Senin (14/6/2021).

Menurut Sukawati, Situs Adan-Adan sudah tercatat dalam laporan Belanda yang memberitakan adanya gundukan candi berbentuk bata, dan beberapa komponen bangunan candi dari batu andesit berupa mākara, kepala kala, arca dwarapala, dan lain-lain.

Peneliti Belanda J. Knebel, lanjut Sukawati, memberitakan bahwa pada tahun 1908 di halaman kantor Kabupaten terdapat beberapa artefak yang berasal dari berbagai tempat di . Selanjutnya dikatakan bahwa terdapat arca Dwarapala yang berasal dari Candi Gempur (). (Knebel. J 1908, 292- 293).

"Dari penelitian yang sudah dilakukan selama 4 tahap (2016, 2017, 2018, dan 2019) dapat dirangkum hasilnya, bahwa merupakan bangunan candi yang terbuat dari dua bahan yaitu batu dan bata," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video