Di Mojokerto, Perokok Bakal Dicoret dari Daftar Penerima Raskin | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Mojokerto, Perokok Bakal Dicoret dari Daftar Penerima Raskin

Editor: Rosihan/Revol
Wartawan: Rochmad Aris
Selasa, 03 Maret 2015 19:56 WIB

Walikota Mojokerto memberi 'sangu' dari uang pribadi kepada seorang ibu yang mempunyai balita penderita hidrosefaluis, di sela penerimaan raskin. (Rochmad Aris/BangsaOnline.com)

MOJOKERTO (BangsaOnline) - Penerima raskin yang masih merokok, bakal dicoret dari daftar. Demikian penegasan Wali Kota Mojokerto H Mas'ud Yunus, (3/3).

H Mas’ud Yunus kepada BangsaOnline.com menjelaskan, tahun ini pemerintah Kota Mojokerto mengalokasikan raskin gratis untuk 6.705 warga tidak mampu. Namun, untuk mendapatkan jatah tersebut, yang terdaftar warga miskin, harus menghentikan kebiasaan merokok.

"Saat ini masih berupa pembinaan, ketua RT, RW, dan Lurah kita minta untuk membina agar penerima raskin tidak merokok. Setelah itu kita berikan regulasinya, kita laksanakan bertahap. Kalau sudah ada regulasinya, penerima raskin yang merokok akan kita coret," tegasnya.

Penerima raskin Kota Mojokerto dari pemerintah pusat mencapai 5.205 rumah tangga miskin (RTM). Agar raskin bisa dinikmati secara gratis oleh warganya, pihaknya mengalokasikan dana APBD Rp 1,5 miliar. Dana ini untuk menebus 936,9 ton raskin dari Bulog Sub Divre Surabaya Selatan, yang harganya Rp 1.600 per Kg. Setiap RTM menerima 15 kig raskin setiap bulan, selama setahun.

Penerima raskin gratis itu ada syaratnya. Setiap RTM harus menghilangkan kebiasaan merokok agar tidak dicoret.

"Kebiasaan merokok kalau dipandang dari segi ekonomi, membeli rokok bisa, tapi nempur (beli beras) tidak bisa. Oleh sebab itu saya minta penerima raskin tak merokok," kata Wali Kota, saat membagikan raskin gratis bulan Januari-Februari di Kantor Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Selasa (3/3).

Seorang penerima raskin asal Kelurahan Pulorejo Solikhin (51) mengaku terpaksa membuang jauh rokok kreteknya. Padahal sudah puluhan tahun bapak satu anak ini menghisap rokok kretek kesukaannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Walikota Mojokerto

Berita Terkait

Bangsaonline Video