Menuju Kabupaten Responsif Gender, Pemkab Jember Melalui DP3AKB Gelar Rakor PUG | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menuju Kabupaten Responsif Gender, Pemkab Jember Melalui DP3AKB Gelar Rakor PUG

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Selasa, 22 Juni 2021 15:25 WIB

Plt. Kepala DP3AKB Suprihandoko menjelaskan Jember menargetkan jadi kabupaten yang responsif gender.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pengarusutamaan Gender (PUG) menjadi bagian penting untuk mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang saat ini gencar melakukan berbagai upaya pembangunan di berbagai sektor baik infrastruktur, pariwisata, pertanian, serta sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu Pemkab ke depan akan menerapkan PUG di seluruh OPD agar tidak terjadi diskriminasi kepada kaum perempuan. Untuk mendukung upaya tersebut, Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) menggelar rapat koordinasi bersama seluruh OPD di Aulu PB. Soedirman, Selasa (22/6).

Dalam pertemuan itu, Plt. Kepala DP3AKB Suprihandoko menjelaskan bahwa Pemkab menargetkan jadi kabupaten yang responsif gender, agar tidak terjadi diskriminasi kepada perempuan atau laki-laki.

"Baik terkait masalah sosial, ekonomi, politik, pendidikan, dan sarana prasarana. Makanya itu diupayakan ada kesetaraan dan keadilan gender," jelasnya.

Disampaikan Handoko, bahwa PUG menjadi indikator dari sebuah kabupaten yang maju. "Sesuai dengan slogannya Pak Bupati bersama wakilnya (Hendy Siswanto-Gus Firjoun), Wis Wayahe Bangkit. Bagaimana mau bangkit, jika kesenjangan gender saja masih ada. Maka ke depan kita akan upayakan itu (kesetaraan gender)," ujarnya.

Kebijakan yang responsif gender, lanjut Handoko, bertujuan untuk mengoptimalkan pemberdayaan terhadap kelompok rentan seperti perempuan, sehingga ekonomi mereka bisa meningkat.

"Pemberdayaan untuk peningkatan ekonomi perempuan menjadi hal penting, yang salah satu tujuannya untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video