Gelar Konsolidasi dan Silaturahmi, Garnita Nasdem Gresik Siap Wujudkan 10 Kursi DPRD di Pemilu 2024

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Selasa, 22 Juni 2021 17:21 WIB

Ketua DPW Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi dan Ketua DPD Garnita Malahayati Nasdem Gresik Erni Rofika Anwar saat silaturahmi dan konsolidasi. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Garda Wanita (Garnita) Malahayati DPD Nasdem Gresik bersama DPW Nasdem Jawa Timur menggelar silaturahmi dan konsolidasi di RM Pak Elan, Jalan Raya Veteran Gresik, Selasa (22/6/2021).

Kegiatan dalam rangka menyongsong pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) 2024 itu dihadiri langsung Ketua DPW Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi dan Ketua DPD Garnita Malahayati Nasdem Gresik Erni Rofika Anwar.

Erni Rofika Anwar menyatakan pertemuan ini dalam rangka konsolidasi, mengingat Garnita Malahayati Nasdem Gresik baru terbentuk 2 bulan lalu, atau pada Ramadan 1442 H. "Untuk memanasi dan menguatkan mesin Partai Nasdem, dan menyusun strategi dalam menyongsong Pemilu 2024," ucapnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (22/6/2021).

Garnita Nasdem Gresik, lanjut Erni Rofika, terus bergerak untuk menguatkan jaringan kaum perempuan. Dia mengklaim, saat ini keanggotaan Garnita sudah 300 orang. "Terus kami tingkatkan keanggotaannya untuk menguatkan jaringan," terang Istri Ketua DPD Nasdem Gresik Saiful Anwar tersebut.

Pihaknya juga mengaku terus berupaya menggalang anggota Garnita dan menggalang massa. "Jadi, apa yang dilakukan Garnita Nasdem Gresik ini bagian dari ikhtiar yang kami lakukan songsong Pemilu 2024," paparnya.

Tidak hanya itu, Erni Rofika juga menyampaikan Garnita Gresik saat ini intens melakukan kegiatan sosial, terlebih di saat situasi pandemi Covid-19 ini. Di antaranya memberikan bantuan sembako yang dikemas dalam bakti sosial (baksos), pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan lainnya.

"Sebelumnya, pada bulan Ramadan 1442 Garnita juga intens melakukannya seperti saat pemenangan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah pada Pilkada Gresik 2020," ungkapnya.

Dia optimis dengan pergerakan Garnita yang begitu masif, mampu memberikan sumbangsih suara besar kepada Nasdem. "Insya Allah perolehan suara Nasdem bisa naik signifikan hingga 100 persen. Jika Pileg 2019 perolehan 5 kursi di DPRD Gresik, 2024 bisa menjadi 10 kursi. Kami support terus Nasdem," katanya optimis.

Sementara itu, Sri Sajekti Sudjunadi mengapresiasi langkah Garnita Malahayati Nasdem Gresik yang begitu semangat dalam membantu kemajuan Nasdem Gresik. "Karena itu, kedatangan saya ke sini juga sebagai support," katanya.

Bu Janet, begitu sapaan akrabnya, terus memberikan dorongan kepada perempuan Nasdem, seperti kepada Garnita Gresik agar bisa turut mewarnai dalam pemilu untuk mengejar 30 persen kuota keterwakilan perempuan.

"Di DPR RI pileg lalu keterwakilan perempuan Nasdem sudah lebih 30 persen. Makanya, untuk Pemilu 2024, kami mendorong daerah-daerah seperti Gresik ada keterwakilan perempuan yang menjadi anggota DPRD," jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, dia meminta Garnita Gresik menjaring figur perempuan yang akan diusung pada Pemilu 2024. "Sehingga, pemilu ke depan ada keterwakilan perempuan," katanya. "Kami akan bahu-membahu mewujudkannya," imbuhnya.

Ditanya target perolehan kursi DPRD Gresik pada Pemilu 2024, Bu Janet menyatakan bahwa Nasdem tak pernah mematok target untuk mengejar PT (Parliamentary Threshold) atau ambang batas. Kata dia, target Nasdem hanya ingin menjadi parpol yang besar.

Namun melihat perkembangan Partai Nasdem di Gresik yang begitu bagus, di mana pada Pileg 2019 mendapatkan 5 kursi dari pileg sebelumnya yang cuma 1 kursi, dia optimis perolehan itu bisa naik menjadi 10 kursi di Pemilu 2024.

"Kira-kira menurut pengamatan teman-teman wartawan yang di lapangan apa nggak mungkin," katanya.

Karena itu, Nasdem akan terus memberikan pelatihan kepada para calon legislatif (caleg) perempuan Nasdem. Juga pelatihan soal penanganan UMKM, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan lainnya.

Bu Janed mengaku senang melihat Garnita Malahayati Gresik yang begitu bergembira dan semangat dalam bersilaturahmi dan berkonsolidasi untuk membangun jaringan. "Hal ini menunjukkan Garnita Gresik maju sehingga bisa membantu pergerakan mesin Partai Nasdem Gresik," pungkasnya. (hud/zar)