Tanaman Padi ​Diduga Terserang Wereng Cokelat, Petani di Kediri Merugi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanaman Padi ​Diduga Terserang Wereng Cokelat, Petani di Kediri Merugi

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 23 Juni 2021 11:18 WIB

H. Yasir (70), Warga Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, salah seorang petani yang tanaman padinya diduga terserang hama wereng cokelat. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - H. Yasir (70), Warga Sidomulyo, Kecamatan Semen, Kabupaten adalah salah seorang petani yang tanaman padinya diduga terserang hama wereng cokelat.

Hal itu diketahui karena tanda-tandanya hampir sama seperti tanaman padi terserang hama wereng cokelat. Yaitu daun mengering seperti terbakar dan banyak bulir padi yang kosong. Selain itu, ketika tanaman padinya disibak, terlihat banyak serangga yang beterbangan, termasuk serangga yang berwarna cokelat.

Lahan pertanian H. Yasir berada di desa tetangga, yakni Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen. Selain ditanami padi, lahan pertaniannya juga ada yang ditanami jagung.

H. Yasir mengaku tidak mengetahui apa penyebab persisnya daun padi bisa mengering. Diakuinya, memang banyak serangga yang hinggap di batang dan bulir padi. Serangga semakin banyak, ketika tanaman padi di sekitar lahannya mulai dipanen.

"Bisa saja karena terserang wereng cokelat atau serangga jenis lainnya. Pastinya saya tidak tahu. Ketika tanaman padi di sebelah di panen, semakin banyak serangga di lahan padinya," kata H. Yasir ketika ditemui di lahan pertaniannya di Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen, Rabu (23/6/2021) pagi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video