Songsong Pemilu 2024, PKB Gresik Optimis Raih 18 Kursi DPRD

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Rabu, 23 Juni 2021 19:18 WIB

Ketua DPC PKB Gresik Much. Abdul Qodir. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PKB Gresik sebagai partai pemenang Pileg 2019 di Kabupaten Gresik dengan raihan 13 kursi DPRD, tak ingin kalah dengan partai politik (parpol) lain terkait persiapan songsong Pemilu 2024.

PKB Gresik telah menyiapkan infrastruktur agar kembali menjadi pemenang pada Pileg 2024 mendatang. Bahkan, partai dengan lambang bola dunia itu menargetkan tambahan kursi. Hal ini diungkapkan Ketua DPC PKB Gresik Much. Abdul Qodir.

"PKB Gresik tentunya dalam menyongsong kontestasi Pemilu 2024 telah mempersiapkan diri dengan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan," ucap Abdul Qodir kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (23/6/2021).

"Jika pada Pileg 2019 PKB meraih 13 kursi di parlemen Gresik, maka pada Pileg 2024 nanti target PKB raih 18 kursi atau 1 kecamatan 1 kursi dari 18 kecamatan yang tersebar se-Kabupaten Gresik," papar Ketua DPRD Gresik tersebut.

Menurut Abdul Qodir, pada Pemilu 2024 ada rencana pemekaran pada daerah pemilihan (dapil). Di antaranya Dapil Manyar, Bungah, dan Sidayu. Rencananya, dapil di wilayah Gresik bagian utara ini akan dibagi menjadi dua dapil, yaitu Manyar dengan Bungah, dan Sidayu dengan Ujungpangkah. Kemudian, Dukun dengan Panceng, dengan pola komposisi kursi per dapil minimal 3 kursi dan maksimal 8 kursi.

"Pada Pileg 2019 kan Dapil Manyar, Bungah, dan Sidayu 9 kursi. Nah, jika rencana pemekaran dapil di Gresik terwujud dengan komposisi kursi per dapil minimal 3 maksimal 8, maka Dapil Manyar, Bungah, dan Sidayu kena pemekaran dapil," tuturnya.

Guna mewujudkan raihan 18 kursi itu, lanjut Abdul Qodir, konsolidasi internal partai maupun kegiatan eksternal untuk membangun jaringan massa dukungan kian intens dilakukan.

Dikatakan, untuk internal PKB Gresik hingga bulan Juni 2021 telah merampungkan musyawarah ranting (musran), dan dijadwalkan awal bulan Juli, sudah dilakukan musyawarah anak cabang (musancab) PKB.

"Ini bagian dari kerja internal partai dalam menyongsong pesta akbar Pemilu 2024," beber Politikus asal Wringinanom tersebut.

Abdul Qodir menambahkan, PKB menjadwalkan penjaringan caleg sudah dimulai pada tahun 2022 untuk menyeleksi para figur yang akan berkontestasi di Pemilu 2024. "Jadi, tahapannya sudah kami siapkan dan tata dengan baik," pungkasnya. (hud/zar)