Kunjungi Ponpes Lirboyo, Menag Resmikan Ma'had Aly dan Sosialisasi Pelaksanaan Salat Idul Adha

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 26 Juni 2021 03:38 WIB

Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas (duduk tengah) bersama para Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Lirboyo, Jumat (25/6) siang. Rombongan Menteri Agama sampai di Gedung Yayasan Pondok Lirboyo pukul 14.45, dan disambut oleh pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, KH. M. Anwar Manshur.

Kunjungan perdana Menteri Agama ini untuk menyosialisasikan pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H dan pelaksanaan penyembelihan kurban di Pondok Pesantren.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam, Menag juga meresmikan perguruan tinggi keagamaan islam berbasis kitab kuning, atau yang disebut Ma’had Aly.

Pondok Pesantren Lirboyo memang akan menyelenggarakan pendidikan Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah (setara S-2) dengan program pendidikan fikih kebangsaan.

Dalam kesempatan ini, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, KH. Kafabihi Mahrus, mendorong Menag agar menjadikan buku “Fikih Kebangsaan” karya Pondok Pesantren Lirboyo sebagai kurikulum atau bacaan wajib di seluruh perguruan tinggi keagamaan islam di bawah naungan Kementerian Agama.

"Hal itu sebagai langkah konkret untuk membentengi para mahasiswa dari paham-paham yang ingin merongrong NKRI," kata Kiai Kafabihi.

Turut hadir dalam acara penyambutan Menteri Agama di Ponpes Lirboyo antara lain, KH. Anim Falahuddin Mahrus, KH. Athoillah Sholahuddin, dan KH. M. Dahlan Ridlwan. (uji/rev)