Resmi Dilantik, Mantan Politikus PDI Perjuangan Sah Jadi Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Senin, 28 Juni 2021 20:24 WIB

Erjik Bintoro diambil sumpah sebagai Anggota DPRD Jatim Pergantian Antar-Waktu dari Fraksi PKB. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Personel Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Timur saat ini telah kembali komplet. Itu setelah Erjik Bintoro resmi dilantik menjadi anggota legislatif menggantikan Chusainuddin yang tutup usia pada pertengahan Maret lalu. Erjik adalah Mantan Politikus PDI Perjuangan.

Pengangkatan Erjik Bintoro berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Jatim, Senin (28/6/2021). Di antara agenda dalam paripurna tersebut adalah Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan PAW Anggota DPRD Jatim Masa Jabatan 2019-2024.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jatim Fauzan Fuadi mengaku bersyukur dengan kompletnya 25 anggota Fraksi PKB. Sebab, hal itu dapat membuat kinerja semakin optimal.

"Alhamdulillah hari ini pelantikan Pak Erjik Bintoro menggantikan Alm. sahabat kami Pak Chusainuddin yang meninggal dunia karena sakit. Mudah-mudahan dengan masuknya Pak Erjik Bintoro akan menambah daya juang Fraksi PKB karena kami menjadi genap lagi 25 orang," kata Fauzan saat ditemui seusai rapat paripurna.

Figur Erjik Bintoro ini memang bukanlah orang baru di legislatif. Dalam catatan, dia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kediri. Sebagai politikus, Erjik sebelumnya dikenal sebagai kader PDI Perjuangan, kemudian tidak aktif, dan bergabung ke PKB. Pada pileg beberapa waktu lalu, Erjik berangkat dari Dapil Kediri Raya lewat PKB.

Saat ini di DPRD Jatim, Erjik Bintoro diberi tugas duduk di Komisi B yang membidangi sektor perekonomian. Fauzan berharap masuknya Erjik dapat mewarnai dan semakin mengibarkan bendera PKB terlebih di legislatif.

Apalagi sektor perekonomian saat ini menjadi di antara konsentrasi dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Sebab, urusan wabah ini tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga sedikit banyak memukul sektor perekonomian. Sehingga, tugas di pundak Erjik adalah menelurkan berbagai gagasan lewat fungsi legislatif agar upaya pertumbuhan ekonomi tetap menjadi perhatian.

"Kebetulan figur Pak Erjik punya pengalaman yang cukup panjang di legislatif, sehingga mudah-mudahan senioritas dan pengalaman beliau bisa ditularkan juga kepada anggota Fraksi PKB yang lain," ujarnya.

Di sisi lain, lantaran Erjik berangkat dari Dapil Kediri Raya, Fauzan berharap dapat terus membangun sinergi sekaligus melanjutkan kiprah Chusainuddin.

"Sinergi penting dilakukan dengan berbagai pihak termasuk kalangan nahdliyin. Karena PKB, partai yang kelahirannya difasilitasi dan dibidani oleh NU maka sinerginya dengan NU di Kabupaten/Kota Kediri pada khususnya," ungkap Fauzan yang juga Bendahara DPW PKB Jatim. (mdr/zar)