Deteksi Dini Covid-19, Smamita Sidoarjo Gelar Tes GeNose C19 kepada para Siswa

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Jumat, 02 Juli 2021 17:37 WIB

SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo menggelar tes GeNose C19 kepada para siswa. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19, Jumat (2/7/2021) pagi. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, menggelar tes GeNose C19 kepada para siswa. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19, Jumat (2/7/2021) pagi.

Kepala Sekolah Smamita Zainal Arif Fakhrudi mengatakan, belakangan ini Covid-19 tidak hanya diderita oleh orang dewasa maupun lanjut usia, namun juga anak-anak dan remaja. “Nah, tes GeNose di sekolah kami merupakan deteksi dini agar penyebaran virus ini bisa diketahui lebih awal," ujarnya.

Ia menerangkan, beberapa waktu lalu, sebanyak 85 guru dan karyawan telah mendapatkan vaksinasi. Namun menurutnya, vaksinasi saja tidak cukup, tetapi harus didukung dengan kemampuan testing, tracing, treatment (3T), serta penerapan protokol kesehatan 5M yang ketat di lingkungan sekolah.

“Tes GeNose C19 kami gelar kepada para siswa secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Sehingga, sekolah bisa memetakan dan mempunyai data terkait kesehatan siswa Smamita, khususnya Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan Smamita Edwin Yogi Laayrananta menjelaskan, untuk menghindari kerumunan, tes GeNose C19 dilakukan secara bertahap kepada 670 siswa.

“Selama ini para siswa belajar secara daring dari rumah. Selain itu, tentunya mereka juga bertemu dengan bayak orang di luar rumah. Nah, tes GeNose di sekolah kami ini merupakan antisipasi dan deteksi dini untuk menanggulangi penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Apabila nanti diketahui hasil dari tes GeNose ada yang positif, yang bersangkutan diharuskan menjalani tes PCR di Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang.

Salah satu siswi kelas X, Laras mengatakan, dirinya lega setelah mengetahui hasil tes GeNose atas dirinya. “Alhamdulillah negatif. Tadi sebenarnya sempat takut juga bila hasilnya tidak seperti yang diharapkan," ucapnya. (cat/zar)