Khofifah Indar Parawansa Terpilih Ketua Umum IKA Unair, Berikut Ini Profilnya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Sabtu, 03 Juli 2021 23:08 WIB

Hj. Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Ketua Umum IKA Unair 2021 - 2025. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Khofifah Indar Parawansa (KIP) terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) masa bakti 2021 - 2025. Gubernur Jawa Timur itu terpilih setelah mengalahkan kandidat lain pada pemilihan yang berlangsung di Airlangga Convention Center, Sabtu (3/7/2021).

Khofifah meraih 69 suara, Paulus Totok Lusida 13 siara, Abdul Kadir 6 suara, Dimas Oky Nugroho 3 suara. Dengan total peserta yang memilih 91 pemilik suara.

Khofifah Indar Parawansa adalah salah satu alumnus kebanggaan Universitas Airlangga. Dilahirkan di Surabaya, 19 Mei 1965, dari keluarga petani. Latar belakang keluarga yang bukan priyayi maupun pengusaha membentuknya menjadi sosok pengabdi nusa dan bangsa yang telah melanglang buana di level nasional.

Ia mengawali pengabdiannya di dunia politik menjadi anggota DPR RI sejak tahun 1992 hingga 2009. Bahkan, di usia 33 tahun Khofifah Indar Parawansa dijuluki 'Singa Podium' karena keberaniannya mengkritisi Rezim Orde Baru. Perjalanan hidupnya di lembaga eksekutif juga begitu cemerlang. Dua kali Khofifah Indar Parawansa mendapatkan kepercayaan untuk menjadi menteri.

Kini, Khofifah Indar Parawansa seolah pulang kampung. Setelah 26 tahun berkarir di Jakarta ia diamanati warga Jawa Timur memandegani provinsi yang menjadi salah satu barometer nasional. Segudang prestasi telah ia torehkan selama setengah periode kepemimpinannya di Jawa Timur.

Tahun 2019, Khofifah menerima penghargaan dari Rektor Unair sebagai Alumnus Berprestasi. Khofifah dipandang sebagai alumnus yang memiliki segudang prestasi dan reputasi di kancah nasional maupun internasional, sehingga turut mengharumkan nama kampus Unair.

Sebagai alumnus Universitas Airlangga, lulusan Program Studi Ilmu Politik angkatan 1984, ia berharap dapat mensinergikan secara optimal kekuatan potensi alumni dengan semangat trihelix yaitu kampus, swasta, dan pemerintah. Oleh karenanya, kini Khofifah bertekad menafkahkan baktinya untuk Almamater Airlangga. (mdr/rev)