Harga Gabah Turun, Anggota DPRD Jatim Minta Ada Pembinaan ke Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Gabah Turun, Anggota DPRD Jatim Minta Ada Pembinaan ke Petani

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Selasa, 06 Juli 2021 20:41 WIB

Anggota DPRD Jatim dr. Agung Mulyono. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Petani di Jawa Timur, terancam merugi karena pupuk langka dan harga gabah yang tak kunjung membaik. Di antaranya di Kabupaten Situbondo. Hal itu dikatakan oleh Anggota Komisi B DPRD Jatim Agung Mulyono.

"Memang keluhan ini sudah lama mereka rasakan. Hasil pertanian tidak sesuai dengan produksi, kadang impas. Ini karena pupuk sangat langka," kata pria yang akrab disapa Dokter Agung itu, Selasa (6/7/2021).

Politikus Partai Demokrat itu mengaku langsung berkoordinasi dengan Dinas Pertanian (Distan) Jatim setelah mendengar keluhan kalau harga gabah di Situbondo anjlok. Dia berharap agar kondisi yang tidak menguntungkan petani itu bisa segera ditindaklanjuti oleh Pemprov Jatim.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Situbondo-Bondowoso-Banyuwangi itu menduga, para petani memanen gabahnya lebih awal karena terdesak kebutuhan, sehingga harganya jatuh.

"Saya berkoordinasi dengan dinas pertanian, yang pertama mereka memanen lebih awal karena kebutuhan, yang kedua mereka panennya kecepatan. Seandainya satu minggu lebih lama panen, kadar airnya rendah dan harganya jadi naik," tambahnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video