Harga Melambung, Kanwil IV KPPU Awasi Pasokan Tabung Gas dan Obat Terapi Covid-19 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Melambung, Kanwil IV KPPU Awasi Pasokan Tabung Gas dan Obat Terapi Covid-19

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Kamis, 08 Juli 2021 16:53 WIB

Kepala Kantor Wilayah IV KPPU, Dendy Rakhmad Sutrisno.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kanwil IV (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) melakukan pemantauan ketersediaan dan harga komoditas dan obat terapi Covid-19. Sebab, sejumlah obat terapi yang telah ditetapkan pemerintah dijual melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). Begitu juga tabung oksigen, dijual melebihi harga pasaran. 

Kepala Kantor Wilayah IV , Dendy Rakhmad Sutrisno menjelaskan, pemerintah telah menentukan 11 jenis obat terapi Covid-19 yang telah diatur HET-nya berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.1.7/Menkes/4826/2021.

Pantauan pada 8 daerah di Surabaya, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Mataram dan Kupang, menunjukkan masyarakat di Jawa Timur (Jatim) secara umum kesulitan untuk memperoleh obat-obatan di apotek.

“Bila pun ada dijual di atas HET dengan menggunakan obat merek lain. Misalnya obat Favipiravir 200 mg per tablet HET-nya Rp 22.500, tidak tersedia dan diganti dengan merek Avegan yang dijual dengan harga Rp 68 ribu hingga Rp 76.900 per tablet,” ungkap Dendy, Kamis (8/7).

Sedangkan pantauan pada 12 daerah yakni Madiun, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Bali, Banyuwangi, Jember, Mojokerto, Kediri, Denpasar, dan Mataram menunjukkan stok terbatas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video