Fasilitasi Mahasiswa Magang Lewat PMB, Pemkab Jember Teken MoU dengan Unej

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 09 Juli 2021 16:43 WIB

Bupati Jember Hendy Siswanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember kembali menjalin kerja sama dengan Lembaga Pendidikan Kampus Universitas Jember (Unej). Kali ini, kerja sama meliputi fasilitasi mahasiswa dalam Program Merdeka Belajar (PMB). Program tersebut sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menggali ilmu di bidang akuntansi.

Nantinya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unej siap menerjunkan mahasiswanya untuk magang di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tembakau ini.

Sebelumnya, Pemkab Jember juga telah meluncurkan program Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dan Tilik Desa bersama Pengadilan Negeri (PN) Jember dan Fakultas Hukum (FH) Unej.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku siap menerima mahasiswa FEB Unej yang akan magang. Sebab, hal itu sangat membantu pemerintah.

"Khususnya di bidang akuntansi, karena kami butuh bagaimana pengelolaan keuangan yang benar, dan juga sistem pengelolaan anggaran. Karena jika ini salah, akan jadi persoalan yang panjang," terangnya.

Hendy juga menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung dan menyukseskan program merdeka belajar. Pihaknya berkomitmen mendukung semua inovasi dari kaum terpelajar. "Kami siap mendukung para peneliti maupun praktisi yang akan melakukan inovasi," ujar Hendy.

Dekan FEB Unej, Isti Fadah mengatakan, penerjunan mahasiswanya di OPD Pemkab Jember adalah upaya untuk membantu di bidang akuntansi, manajemen, maupun sektor lainnya. Supaya tata kelolanya semakin baik.

"Supaya (GCG) Good Corporate Governance-nya semakin baik," katanya saat acara Peningkatan Kerja Sama FEB Unej dengan Pemkab Jember dan APPSAI melalui webinar nasional yang bertema, Membangun Sustabilitas Entitas Sektor Publik di Masa Pandemi melalui Transformasi Digital.

Isti berharap, selama proses magang tersebut, Pemkab Jember bisa memberikan timbal balik yang baik kepada mahasiswa magang itu. "Itu akan sangat membatu bagi kami dan adik-adik yang magang di Pemkab Jember," harapnya.

Ketua Asosiasi Program Studi S-2 Akuntasi Indonesia (APPSAI) Abdul Halim menuturkan bahwa program magang yang digagas oleh FEB Unej tersebut, sangat bagus. Sebagai bentuk perkawinan dunia akademis dan juga praktik.

"Menggabungkan dunia praktik dengan teori yang ada di kampus, ini sangat bagus sekali," tandasnya. (adv/yud/eko)