Polresta Banyuwangi Fasilitasi Sopir Logistik Tes Antigen Gratis di Penyeberangan Jawa-Bali

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Teguh Prayitno
Selasa, 13 Juli 2021 19:17 WIB

Polresta Banyuwangi memberikan pelayanan rapid test antigen gratis khusus untuk sopir logistik. (foto: ist)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kini para sopir angkutan logistik yang hendak menyeberang ke Bali bisa bernapas lega. Pasalnya, Polresta Banyuwangi bersama stakeholder terkait memberikan fasilitas rapid test antigen gratis di Terminal Sritanjung, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (13/7/2021).

Diketahui di masa PPKM darurat ini, pelaku perjalanan yang keluar dan masuk Bali diwajibkan membawa surat keterangan hasil negatif rapid test antigen. Termasuk juga awak kendaraan angkutan logistik lintas Jawa-Bali, sehingga pemberlakuan syarat ini pun membuat biaya perjalanan semakin membengkak.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu, S.I.K., mengatakan bahwa fasilitas rapid test antigen gratis ini dikhususkan untuk para awak angkutan logistik, sehingga mereka bisa memenuhi persyaratan keluar masuk Jawa-Bali selama PPKM darurat.

"Diharapkan rapid test antigen gratis ini dapat memudahkan para sopir angkutan logistik selama PPKM darurat berlangsung, sehingga aktivitas pengiriman barang berjalan lancar," kata AKBP Nasrun.

Ia menegaskan bahwa fasilitas rapid test gratis ini tidak bisa dimanfaatkan oleh pelaku perjalanan selain awak angkutan logistik. "Rapid test gratis ini, khusus untuk sopir dan kernet angkutan logistik saja. Di luar itu tidak kami layani,” ujarnya.

Selain meringankan beban biaya awak angkutan logistik, upaya ini diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19. "Ini juga untuk memfilter bagi sopir dan kernet logistik. Jika ada yang hasilnya reaktif maka kami akan serahkan ke satgas, sehingga penularan Covid-19 yang lebih banyak bisa kita cegah," jelasnya.

Hal itu pun disambut sukacita para sopir angkutan logistik. Farid Hidayat, Perwakilan Keluarga Besar Aliansi Pengemudi Indonesia Bersatu mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, ASDP Ketapang Banyuwangi, KSOP, dan KP3 Tanjung Wangi yang sudah memberikan rapid test gratis kepada para driver logistik tersebut.

"Sekali lagi saya mewakili seluruh driver se-Nusantara mengucapkan terima kasih," ucap Farid. (guh/zar)