Biaya Atasi Covid-19 Habis Rp 1.050 Triliun, Tapi Terhibur Baliho Mbak Puan, Maksudnya? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Biaya Atasi Covid-19 Habis Rp 1.050 Triliun, Tapi Terhibur Baliho Mbak Puan, Maksudnya?

Editor: MMA
Jumat, 16 Juli 2021 06:38 WIB

Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah sudah menghabiskan uang Rp 1.050 triliun untuk mengatasi virus asal Wuhan Tiongkok itu.

Uniknya, di tengah pemerintah kewalahan mengatasi meledaknya , tiba-tiba baliho bertebaran di Surabaya. Tapi, menurut Dahlan Iskan, itu justru menghibur. Karena konsultannya cerdas. “Tidak terlihat ada maksud agar ratingnya sebagai calon presiden sedikit lebih baik dari angka sepatu anak balita,” tulis wartawan terkemuka itu.

Maksudnya? Silakan simak tulisan mantan menteri BUMN yang punya Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin dengan puluhan ribu murid itu di Disway, HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com pagi ini Jumat 16 Juni 2021. Selamat membaca:


AWALNYA saya tidak percaya kalau itu tulisannya sendiri. Kok tumben: tidak setuju dengan rencana pemerintah. Yang akan memperpanjang PPKM –Anda tahu singkatan apa itu.

Saya pun menanyakan ke teman baik yang juga Jokower garis tebal. "Benar, itu tulisan beliau. Ada di Facebook pribadi beliau," katanyi.

Lalu saya monitor grup lain. Yang juga garis tebal. Ternyata ada juga yang sangat prihatin dengan rencana perpanjangan PPKM.

Saya pun menjadi ikut di dalamnya.

Padahal saya dulu dikenal ikut kelompok yang menginginkan keras. Di bulan April 2020.

Kalau dilakukan semua keluarga miskin mendapat bansos. Nilainya Rp 1,5 juta/bulan. Selama 3 bulan. Maka diperlukan anggaran Rp 400 triliun. Toh yang menikmati rakyat miskin –kalau bansos itu sampai kepada mereka secara utuh. Angka itu juga ikut menggerakkan ekonomi nasional.

Yang terutama, pun bisa terkendali. Pun sebelum sempat berkembang ke varian-varian baru.

Tapi angka Rp 400 triliun itu memang besar sekali. Dianggap mengerikan. Lalu ide pun terpinggirkan. Yang diputuskan adalah: cukup mengurangi sedikit gerak masyarakat. Saya lupa istilah pertama yang dipakai.

Ide itu sendiri tidak orisinal. Saya, dan mereka yang se-ide, hanya menjiplak dari Tiongkok. Itulah yang dilakukan di Wuhan, kota besar yang berpenduduk 13 juta jiwa. Wuhan dikunci total. Kata ''total'' di situ punya makna khusus. Bukan hanya orang luar yang tidak boleh masuk Wuhan. Atau hanya orang Wuhan yang tidak boleh keluar. Pun orang di satu kecamatan di kota Wuhan sendiri tidak bisa ke kecamatan lain. Orang satu kelurahan tidak boleh ke kelurahan lain. Orang satu RT tidak boleh ke RT lain. Orang satu blok perumahan tidak boleh keluar dari kompleks perumahan mereka.

Waktu itu belum ada teknologi tracing. Belum ada Apps monitoring. Belum ada sistem digital pengaturan logistik. Alat utama mereka hanya tekad yang kuat. Tegas. Pejabat tingginya banyak yang dipecat.

Langkah Wuhan itu diikuti kabupaten/kota lain di provinsi Hubei, yang beribu kota di Wuhan.

Diikuti pula provinsi lainnya.

Waktu itu kita masih punya uang. Sikap kita terbelah. Ada yang memberikan simpati ke Wuhan. Ada pula yang meledek –ups teganya.

Dalam tiga bulan Covid terkendali.

Ternyata wabah itu akhirnya masuk Indonesia. Padahal kita telanjur pede Covid tidak akan bisa masuk Indonesia. Kita menganggapnya remeh. Pun dr Terawan Putranto yang menjabat menteri kesehatan saat itu. Pun saya sendiri begitu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video